Mother&Baby Indonesia
Cara Efektif Berhenti Merokok

Cara Efektif Berhenti Merokok

Merokok tidak saja merugikan kesehatan diri sendiri, tapi juga berbahaya bagi orang di sekitar Anda, termasuk Si Kecil akan terkena dampaknya. Meskipun begitu, bagi sebagian orang dewasa, keinginan untuk berhenti merokok tidak begitu saja mudah dilakukan. Tapi, Anda tidak perlu cemas. Ada banyak cara menuju bebas rokok. Mother&Baby Indonesia memilih sejumlah solusi efektif yang bisa Anda pilih untuk berhenti merokok dan terbebas dari bahayanya. Ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

 

Hipnoterapi



Hipnoterapi merupakan proses memasukkan sugesti ke dalam pikiran bawah sadar Anda berulang kali melalui tiga cara, yaitu sugesti yang bersifat visual (gambar), suara, dan rasa. Melalui terapi ini, Anda dilatih untuk menolak keinginan merokok menggunakan kekuatan pikiran. Meskipun begitu, sebelum melakukan hipnoterapi, Anda perlu mengetahui terlebih dulu alasan Anda merokok. Karena yang diterapi adalah penyebab merokok. Contohnya, Anda merokok karena ingin menghilangkan stres, berarti proses terapinya adalah mengganti medianya dengan yang memiliki efek menghilangkan stres juga, seperti rokok diganti dengan permen. Jadi, sugesti yang ditanamkan adalah ketika makan permen Anda merasa seperti merokok, yaitu bisa menghilangkan stres. Untuk memperoleh hasil yang optimal, terapi ini perlu Anda lakukan beberapa kali.

 

Akupunktur

Di bagian tubuh Anda, terdapat titik-titik tertentu yang mengirimkan rangsangan pada otak yang bisa memicu keinginan untuk merokok. Jika titik tersebut ditekan dengan jarum, keinginan untuk merokok pun menjadi hilang, Anda akan merasa merokok menjadi tidak enak dan bahkan menyebabkan mual. Sesi akupunktur ini biasanya dilakukan 6-12 kali pertemuan, tergantung dari level kecanduan Anda dalam merokok. Ada baiknya Anda lakukan terapi ini secara rutin dan Anda sendiri memiliki keinginan kuat untuk berhenti merokok.

 

Klinik Stop Merokok



Saat pertama kali datang, Anda akan melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dulu. Selanjutnya, ada sesi terapi perilaku, pemeriksaan kadar nikotin, pemeriksaan fungsi paru-paru dan jantung, serta pemberian obat-obatan untuk berhenti merokok yang disesuaikan dengan tingkat kecanduan Anda. Anda bahkan juga akan diberikan konsultasi gizi untuk mengembalikan imunitas tubuh yang menurun akibat mengisap zat nikotin yang ada dalam rokok.

 

Nicotine Patch

Plester ini berbentuk seperti koyo. Cara pemakaiannya adalah dengan menempelkan di lengan Anda selama 16 jam setiap hari. Plester ini mengandung nikotin (namun mempunyai dosis lebih rendah daripada rokok) sehingga membuat keinginan Anda untuk merokok berkurang secara perlahan. Nicotine patch tersedia dalam beberapa dosis, mulai dari yang agak tinggi hingga sangat rendah. Umumnya pengguna akan memakai nicotine patch berdosis tinggi dulu, kemudian akan mengurangi dosisnya sedikit demi sedikit setiap hari. Penggunaan plester ini akan lebih efektif jika dibarengi dengan terapi perilaku.

 

Nah, Selamat mencoba terapi ini untuk mendukung keinginan Anda berhenti merokok secepatnya. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: rokok,   berhenti merokok










Cover Mei-Juni-Juli 2020