Mother&Baby Indonesia
Curhat Zaskia Adya Mecca tentang Baby Sitter Si Kecil

Curhat Zaskia Adya Mecca tentang Baby Sitter Si Kecil

Saat Anda harus menggunakan jasa seorang pengasuh atau babysitter, hal yang paling penting mesti Anda tekankan padanya adalah kejujurannya dalam menangani dan mengurus Si Kecil.

 

Sekali saja babysitter berbohong atau tidak berterus terang kepada Anda mengenai kondisi Si Kecil, dikhawatirkan hal ini akan menjadi kebiasaan sehingga bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada buah hati Anda, misalnya ia sakit ataupun cedera. Tentunya Anda tak ingin Si Kecil mengalami hal tersebut akibat keteledoran babysitter. Dan untuk hal seperti ini, Anda pastinya tidak bisa menolerir karena ini berkaitan dengan keamanan dan keselamatan Si Kecil.



 

Artis Zaskia Adya Mecca baru-baru ini mengalami hal yang tidak menyenangkan akibat babysitter yang ia pekerjakan tidak jujur dan berterus terang dalam menangani si bungsu, Bhre. Di akun instagramnya @zaskiadyamecca, Zaskia bercerita soal pengalamannya mengenai babysitter yang mengasuh Bhre. Berikut ini cerita yang ia bagi dalam unggahannya di instagram.

 

"Cerita dikit ahhh soal suster bhre kmrn .. setelah ku pegang bhre 1 bulan sendiri akhirnya berfikir “kayanya ttp hrs ada yang bantuin nih kalo aku nyetir sndiri atau ngantor” akhirnya pake lah suster .. pertama dateng udah mulai liat kok kaya ga gitu paham cara gendong bhre, tapi suster bilang udah sering ko urus anak dari bayi .. hmm okee , tapi sering bgt bhre kalo di mandiin nangis heboh ama si suster, sampe sekali ku cek taunya air mandinya terlalu panas ???? semenjak itu ku ga percaya buat suster mandiin .. pas di jogja sore2 lg ke pantai ku baru ngeh jempol bhre bedarah udah beku krn kulitnya kepotong .. ku tegur susternya “motongin kuku tadi? Kok ga bilang kalo atasnya kepotong sampe berdarah kulitnya copot?!?” Dia jawab “takut kak” aku bilang “lain kali lgsg bilang kalo da apa2 supaya ku bisa lgsg obatin anaknya” udah deh mulai galau dan total ga percaya ama si suster .. tp ku masi coba kasi kesempatan lagi sama dia setelah di ajak bicara dan kasih tau rulesnya kedepan dengan point utama: jujur apapun itu! Ehh malem nya ke mal ajak si suster, dia gantiin popok bhre yang penuh trus abis ganti popok ku bilang “bagi tisue basah dong” “ga ada kak” “loh ganti popok pake apa?” “Tadi minta tisue basah sama penjaga toko disana” ??????????? lgsg ku konfirmasi, kata penjaga toko ga ada yang minta.. (brarti kan dia gantiin popok ga di bersihin) langsung aja ku memutuskan udah cukup kesempatan belajarnya ya sus ??????????? inti cerita ku ini? Sekali orang yg kita percaya pegang anak bohong, itulah saatnya good bye! Satu kebohongan kecil sekalipun, itu bisa jadi kebiasaan dan taruhannya anak kita sendiri ???????? banyak bgt yang kecolongan cuma krn kita kasi toleransi atas kebohongan pertama ???? untuk urusan anak gpp deh kita lebay buibu... dan sekarang? Bayi koala ini akan bia pegang sendiri yaaah ?????? dan makasih mba @dianahasli @rasiti_zee yang udah bertaun2 bantu urus Sybil-Kala-Kaba sepenuh hati .. ga gampang dapet orang sebaik setulus kalian ?????????????????? ku doain semoga dpt jodoh orang korea seperti impiannya yaa! aamiiinn!!"

 

Cerita dikit ahhh soal suster bhre kmrn .. setelah ku pegang bhre 1 bulan sendiri akhirnya berfikir “kayanya ttp hrs ada yang bantuin nih kalo aku nyetir sndiri atau ngantor” akhirnya pake lah suster .. pertama dateng udah mulai liat kok kaya ga gitu paham cara gendong bhre, tapi suster bilang udah sering ko urus anak dari bayi .. hmm okee , tapi sering bgt bhre kalo di mandiin nangis heboh ama si suster, sampe sekali ku cek taunya air mandinya terlalu panas ???? semenjak itu ku ga percaya buat suster mandiin .. pas di jogja sore2 lg ke pantai ku baru ngeh jempol bhre bedarah udah beku krn kulitnya kepotong .. ku tegur susternya “motongin kuku tadi? Kok ga bilang kalo atasnya kepotong sampe berdarah kulitnya copot?!?” Dia jawab “takut kak” aku bilang “lain kali lgsg bilang kalo da apa2 supaya ku bisa lgsg obatin anaknya” udah deh mulai galau dan total ga percaya ama si suster .. tp ku masi coba kasi kesempatan lagi sama dia setelah di ajak bicara dan kasih tau rulesnya kedepan dengan point utama: jujur apapun itu! Ehh malem nya ke mal ajak si suster, dia gantiin popok bhre yang penuh trus abis ganti popok ku bilang “bagi tisue basah dong” “ga ada kak” “loh ganti popok pake apa?” “Tadi minta tisue basah sama penjaga toko disana” ??????????? lgsg ku konfirmasi, kata penjaga toko ga ada yang minta.. (brarti kan dia gantiin popok ga di bersihin) langsung aja ku memutuskan udah cukup kesempatan belajarnya ya sus ??????????? inti cerita ku ini? Sekali orang yg kita percaya pegang anak bohong, itulah saatnya good bye! Satu kebohongan kecil sekalipun, itu bisa jadi kebiasaan dan taruhannya anak kita sendiri ???????? banyak bgt yang kecolongan cuma krn kita kasi toleransi atas kebohongan pertama ???? untuk urusan anak gpp deh kita lebay buibu... dan sekarang? Bayi koala ini akan bia pegang sendiri yaaah ?????? dan makasih mba @dianahasli @rasiti_zee yang udah bertaun2 bantu urus Sybil-Kala-Kaba sepenuh hati .. ga gampang dapet orang sebaik setulus kalian ?????????????????? ku doain semoga dpt jodoh orang korea seperti impiannya yaa! aamiiinn!!

A post shared by Zaskia Adya Mecca (@zaskiadyamecca) on

Nah, Moms, untuk menghindari kejadian tersebut, berikut ini tips dalam memilih babysitter atau pengasuh agar ia bisa dipercaya menjaga dan mengasuh buah hati Anda:

- Lakukan persiapan mencari dan menyeleksi babysitter minimal 1 bulan sebelum Anda beraktivitas kembali. Dengan demikian, Anda punya cukup waktu untuk menilai sikap dan cara kerja pengasuh dan merasa yakin bahwa ia sigap dalam menangani Si Kecil serta punya rasa sayang dan peduli yang besar pada bayi Anda.

- Pilih babysitter yang sudah dewasa secara usia dan penampilan, punya pengalaman cukup, dan memiliki kematangan emosi.



- Lakukan interview dengan calon pengasuh soal pengalamannya dalam merawat bayi, tanyakan bagaimana keterampilannya, seperti saat memandikan bayi, mengganti popok, menggendong, memberikan ASI, menidurkannya dan lain-lain. Jika perlu, minta ia memeragakan hal-hal tersebut pada Anda.

- Tanyakan juga bagaimana tindakannya saat bayi menangis, rewel, demam, atau cedera karena terantuk atau jatuh. Ini untuk mengetahui bagaimana ia menangani masalah yang bisa terjadi pada bayi Anda nanti.

- Perhatikan penampilan babysitter. Pilih pengasuh yang memiliki wajah, tubuh, rambut, dan cara berpakaian rapi dan bersih.

- Perhatikan juga riwayat kesehatannya. Bila perlu, Moms bisa memeriksakan kondisi kesehatannya di rumah sakit.

- Anda boleh saja baik dan ramah pada pengasuh, tetapi Anda juga perlu untuk bersikap tegas, terutama saat ia mengasuh dan merawat Si Kecil untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

- Latih babysitter dan perhatikan cara kerja mereka setidaknya selama 2 minggu agar Anda tahu bagaimana caranya dalam menangani Si Kecil.

- Selalu ingatkan babysitter untuk langsung menghubungi Anda atau pasangan Anda jika ia mengalami masalah dalam mengasuh Si Kecil.

- Ingatkan juga babysitter untuk selalu berterus terang dan jujur pada Anda dan suami mengenai kondisi bayi dan tidak menutup-nutupinya. Katakan padanya Anda sangat menghargai kejujurannya dan tidak ingin ia berbohong sekecil apa pun soal Si Kecil.

 

Semoga tips tersebut bisa membantu Anda dalam memilih babysitter untuk membantu Anda mengasuh Si Kecil, Moms. (Susanto Wibowo/Dok. Instagram @zaskiadyamecca)



Tags: anak,   balita,   bayi,   pengasuh,   babysitter