Mother&Baby Indonesia
Kenali 5 Jenis Yoga Untuk Membuat Tubuh Lebih Relaks

Kenali 5 Jenis Yoga Untuk Membuat Tubuh Lebih Relaks

Mengubah pola hidup lebih sehat tidak hanya soal makanan, tetapi juga olahraga. Salah satu yang bisa secara signifikan membuat Anda relaks adalah yoga. Jenis olah tubuh satu ini memang cukup populer dan digemari banyak orang di berbagai negara.

 

Dibutuhkan ketenangan, baik dari suasana maupun tubuh Anda, agar dapat melakukan gerakan yoga dengan benar. Ini untuk mengurangi risiko cedera yang mungkin terjadi saat berolahraga. Dan jika Anda tertarik untuk menjalaninya, kenali 5 jenis yoga berikut ini, Moms.



 

1. Hatha

Hatha yoga sangat cocok dilakukan bagi pemula. Gerakan yang ditawarkan hatha yoga lambat dan halus. Gerakannya juga berfokus pada cara Anda menginteraksikan pernapasan ke dalam setiap pose.

 

2. Inyengar

Inyengar adalah jenis yoga dengan pose mirip hatha. Hanya saja, inyengar lebih berfokus pada keselarasan dan keseimbangan tubuh, inyengar yoga juga biasa menggunakan alat peraga, seperti tali, selimut, dan blok. Ini juga merupakan pilihan yang baik untuk pemula.

 

3. Bikram

Bikram yoga merupakan hatha yoga, namun dipraktikkan dalam ruang yang panas. Ini bertujuan untuk mengendurkan otot-otot dan berkeringat demi membersihkan tubuh dan menghilangkan gejala penyakit.

Namun, Anda diimbau untuk tidak terlalu sering melakukan bikram yoga karena berisiko dehidrasi, hipertermia, perubahan tekanan darah, dan masalah jantung.



 

4. Ashtanga

Ashtanga pertama kali diajarkan oleh Sri K. Pattabhi Jois di Ashtanga Yoga Research Institute, Mysore, India. Di Amerika Serikat, yoga ini diajarkan sebagai latihan yang cukup agresif, karena Anda bergerak cepat dari satu pose ke pose lainnya.

Hal ini dilakukan untuk membangun kekuatan dan daya tahan tubuh. Yoga jenis ini memang sedikit sulit dan menantang secara fisik.

 

5. Acroyoga

Acroyoga merupakan jenis yoga dari India yang beberapa gerakannya terlihat seperti akrobat, contohnya ‘terbang’ dan jungkir balik. Selain berfungsi untuk menyehatkan tubuh, acroyoga juga bermanfaat untuk pembentukan tulang belakang menjadi lebih tegak.

 

Selain menenangkan pikiran dan menyehatkan tubuh, ternyata yoga memiliki banyak manfaat lain. Latihan yoga yang teratur bisa mengurangi nafsu makan dan menghilangkan kebiasaan makan berlebih. Sebuah penelitian di University of Washington, AS, menemukan bahwa yoga dapat membantu mengatur sensasi emosional yang berhubungan dengan makan.

 

Yoga juga berguna bagi penderita OCD (obsessive compulsive disorder). Sebuah studi yang dilakukan di Institute for Nonlinear Science, University of California, AS, menunjukkan bahwa orang yang menderita OCD mengalami pengurangan gejala yang jelas jika mereka mempraktikkan yoga secara teratur. Selain itu, yoga pun mampu membantu meningkatkan aktivitas ovarium dan testis. Banyak dokter merekomendasikan pasangan agar bersama-sama melakukan yoga saat program hamil. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   olahraga,   yoga










Cover April 2020