Mother&Baby Indonesia
Latihan Beban Meningkatkan Daya Ingat

Latihan Beban Meningkatkan Daya Ingat

Memiliki tubuh dan pikiran yang sehat hingga tua nanti tentu menjadi dambaan setiap orang. Salah satu cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan berolahraga secara rutin. Latihan angkat beban bisa menjadi pilihan, karena tidak hanya untuk membentuk tubuh, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan otak Moms, yaitu menambah daya ingat Anda dan mencegah pikun.

 

Sebuah studi yang dilakukan peneliti di Georgia Institute of Technology, AS, menemukan bahwa latihan angkat beban yang intens bisa meningkatkan daya ingat hingga 10 persen. Tak perlu waktu lama, cukup 20 menit dalam 1 sesi latihan.



 

Hasil ini diketahui setelah peneliti melakukan percobaan terhadap 46 pemuda. Responden dibagi menjadi 2 kelompok, yang pertama mengingat foto sambil latihan menggerakkan kaki sebanyak 50 kali, sedangkan kelompok ke-2 hanya duduk tanpa melakukan aktivitas fisik.

 



Dua hari kemudian, responden kembali diperlihatkan 2 kali lebih banyak. Dari 180 foto, 90 diantaranya merupakan gambar yang sama, yang pernah ditunjukkan pada pertemuan sebelumnya. Dikutip dariHuffington Post, lewat penelitian ini diketahui bahwa ingatan kelompok yang melihat foto sambil olahraga lebih baik ketimbang yang hanya duduk diam.

 

Tak hanya itu, sebuah studi di Swedia juga membuktikan bahwa wanita lanjut usia terlihat lebih bugar ketika lebih rajin berolahraga. “Jika orang-orang usia paruh baya juga melakukan latihan kardiovaskular secara rutin, hal tersebut dapat menunda dan bahkan mencegah mereka dari terkena alzheimer,” jelas Helena Hörder, salah satu peneliti studi tersebut, dikutip dari NBC. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   olahraga,   angkat beban,   daya ingat,   pikun