Mother&Baby Indonesia
Kurang Minum Bisa Menyebabkan Cepat Letih

Kurang Minum Bisa Menyebabkan Cepat Letih

Moms, pastikan Anda dan keluarga tidak kekurangan cairan sedikit pun, ya. Karena fakta menyebutkan, kekurangan air adalah salah satu penyebab keletihan. Studi oleh The Indonesia Hydration Regional Study (THRIST) melaporkan, kehilangan cairan tubuh 2 persen saja dapat memperlambat ingatan atau fokus pikiran, serta kesulitan menghitung, membaca, dan memilah pekerjaan. Dehidrasi juga bisa menyebabkan jantung berdetak lebih cepat, sehingga Anda akan merasa cepat lelah.

 

Kekurangan air tubuh 1 persen mulai menimbulkan rasa haus dan gangguan mood; kekurangan air tubuh 2-3 persen bisa meningkatkan suhu tubuh, rasa haus, dan gangguan stamina; kekurangan air tubuh 4 persen bisa menurunkan kemampuan fisik 25 persen; dan risiko pingsan bisa terjadi apabila kadar air tubuh berkurang sampai 7 persen. Jadi, jika Anda mencukupi kebutuhan air tubuh, selain terhindar dari dehidrasi, tubuh Anda pun akan tetap sehat, Moms!



 

Jika Anda kekurangan cairan sehingga mengalami dehidrasi, ada dampak yang akan terjadi pada tubuh Anda, Moms. Ini dia:

1. Gangguan kesehatan

2. Kemampuan fisik menurun

3. Daya ingat dan konsentrasi menurun

4. Sulit buang air besar

5. Pingsan

6. Kematian

 



Yuk, Cek Status Hidrasi Anda, Moms!

Cara mudah untuk mengetahui status keseimbangan cairan tubuh atau hidrasi seseorang adalah dengan mengecek warna urine yang dikeluarkan. Bila urine Anda berwarna kuning pucat, ini menunjukkan status hidrasi yang baik. Tetapi, jika warna urine kuning tua atau kecokelatan, maka Anda perlu minum lebih banyak.

Jika Anda sering lupa atau tidak sempat untuk minum, Moms bisa download beberapa aplikasi pengingat minum berikut ini:

1. Hydro Coach – drink water

Aplikasi ini menjadi ‘pelatih’ yang akan mengingatkan Moms untuk selalu meminum air. Anda bisa download aplikasi ini Play Store.

2. Daily Water – Drink Reminder

Aplikasi ini akan merekomendasikan berapa liter air yang harus Moms minum dalam sehari berdasarkan berat badan Anda. Download aplikasi ini di App Store.

3. Aqualert: Water Reminder

Aplikasi ini memudahkan Anda dan Si Kecil untuk selalu memenuhi kebutuhan air minum, Moms. Memiliki tampilan yang sangat penuh warna, cocok untuk Si Kecil. Download aplikasi ini di Play Store dan App Store. (M&B/MA/SW/Dok. Freepik.com)



Tags: kurang minum,   dehidrasi,   status hidrasi,   aplikasi pengingat minum air








Cover Maret 2020