Mother&Baby Indonesia
Dampak Buruk Konsumsi Gula Berlebih Untuk Anak

Dampak Buruk Konsumsi Gula Berlebih Untuk Anak

Sejak kecil, anak Anda harus sudah diberikan berbagai macam rasa makanan. Ini akan mengenalkannya pada rasa pahit, asin, dan pedas. Dan rasa manis biasanya menjadi yang paling ia favoritkan. Sayangnya, memberikan anak makanan dengan rasa manis berlebihan bisa memberi risiko untuk kesehatannya.

 

Asupan gula berlebihan untuk anak membawa dampak buruk bagi kesehatan gigi. Terutama, pada anak yang tidak menggosok gigi secara rutin. Gula merupakan sumber energi bagi bakteri yang berada di dalam rongga mulut dan akan diubah menjadi asam.



 

Asam pada gigi tersebut dapat menyebabkan proses demineralisasi atau hilangnya mineral gigi, sehingga gigi bisa berlubang dan lapisan email gigi rusak. Salah satu dampak yang mudah terjadi adalah timbulnya penyakit pada gusi.



 

Penyakit gusi bila dibiarkan dapat berlanjut pada komplikasi diabetes. Lembaga Kesehatan Dunia (WHO) pun telah merekomendasikan agar gula yang diberikan kepada anak-anak tidak lebih dari 10 persen dari total energi yang dikonsumsi. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   anak,   gula










Cover April 2020