Mother&Baby Indonesia
Cara Ajari Anak Cinta Lingkungan

Cara Ajari Anak Cinta Lingkungan

Menumbuhkan perilaku eco-friendly atau sikap ramah lingkungan kepada Si Kecil sangat penting. Tidak hanya agar ia terpicu untuk menjaga dan mencintai bumi, ia juga akan belajar memahami bahwa lingkungan yang bersih tidak hanya nyaman bagi diri sendiri, namun juga orang lain di sekitarnya. Masih banyak lagi pelajaran berharga lainnya yang Dads bisa terapkan kepada Si Kecil melalui gaya hidup eco-friendly.

 

Anda tidak perlu melakukan usaha keras agar Si Kecil tumbuh sebagai sosok eco-friendly. Ajari Si Kecil untuk hidup eco-friendly dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik dimulai dari rumah sendiri. Jadilah role model baginya. Berikut beberapa perilaku eco-friendly yang bisa Anda terapkan bersama Si Kecil di rumah menurut Mary L. Gavin, MD, senior medical editor dari Kids Health.



 

1. Hemat Listrik

Selalu matikan lampu, televisi, dan komputer setelah Anda selesai menggunakannya, serta jangan tinggalkan kulkas dengan pintu terbuka. Ajak Si Kecil untuk turut melakukannya dan jelaskan kalau semua benda itu menggunakan tenaga listrik yang besar. Jika ia 'membuangnya' begitu saja, listrik pun akan kehabisan tenaga, sehingga ia tidak bisa lagi menikmati fasilitas tersebut.

 

2. Hemat Air

Air dan Si Kecil merupakan sahabat yang sangat dekat. Tak heran bila ia bisa betah berlama-lama di wastafel untuk mencuci tangan dengan air yang mengalir dari keran. Ajarkan ia untuk menggunakan air secukupnya dan membiasakan menutup keran saat ia sedang menyabuni tangannya agar air tidak terbuang percuma. Mungkin Si Kecil akan keberatan pada awalnya, tapi jika Anda terus mencontohkannya, ia pun akan mengikuti perbuatan Anda, Dads.

 

3. Jalan Kaki atau Naik Sepeda

Jika jarak sekolah Si Kecil tidak terlalu jauh dari rumah dan ia sudah bisa naik sepeda sendiri, tidak ada salahnya kalau Anda mengajaknya bike to school. Anda juga dapat mengajaknya berjalan kaki ke sekolah sambil menikmati segarnya udara pagi. Lakukan hal yang sama saat mengajak Si Kecil pergi ke rumah temannya atau ke minimarket yang jaraknya masih cukup terjangkau. Selain lebih sehat, kegiatan ini juga akan mengurangi polusi udara yang terjadi akibat banyaknya penggunaan kendaraan bermotor.

 



4. Bawa Tas Sendiri

Ketika pergi ke supermarket atau minimarket, biasakan untuk selalu membawa tas kain dari rumah untuk mengemas belanjaan Anda. Jelaskan pada Si Kecil bahwa membawa tas sendiri akan mengurangi sampah plastik yang biasa diberikan oleh pihak supermarket atau minimarket untuk mengemas barang-barang belanjaan.

 

5. Bawa Botol Minum

Selain membutuhkan biaya, terlalu sering mengonsumsi air dalam kemasan plastik juga tidak baik bagi kesehatan. Apalagi jika terbiasa membeli minuman-minuman yang dijual di pinggir jalan. Karenanya, ke mana pun Anda dan Si Kecil pergi, jangan lupa untuk membawa botol minuman sendiri. Pilihlah botol minuman yang BPAfree dan bergambar tokoh kartun favorit Si Kecil, agar ia semangat saat Anda minta membawa botol minuman tersebut.

 

6. Sediakan Tempat Sampah

Terkadang, Si Kecil tidak membuang sampah pada tempatnya karena ia kesulitan menemukan tempat sampah. Oleh karena itu, sediakan tempat sampah di setiap sudut rumah Anda agar Si Kecil terpicu untuk selalu membuang sampah di sana. Ajarkan juga Si Kecil untuk menyimpan sampah terlebih dahulu di dalam kantung baju, celana, atau tas jika ia belum menemukan tempat sampah saat di luar rumah.

 

7. Respek Terhadap Alam

Buatlah Si Kecil jatuh cinta terhadap alam dan segala isinya sejak dini. Tidak selalu harus dengan mengajaknya berpetualang ke hutan atau mendaki gunung, cukup ciptakan suasana alam di halaman belakang rumah Anda. Tanamlah berbagai jenis pohon dan bunga dan peliharalah hewan kecil. Ajari Si Kecil untuk menyiram semua tanaman dan memberi makan hewan serta membersihkan kandangnya. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   lingkungan,   cinta lingkungan








Cover Januari - Februari 2020