Mother&Baby Indonesia
Asah Kecerdasan Musikal Anak Sejak Dini

Asah Kecerdasan Musikal Anak Sejak Dini

Kecerdasan musikal merupakan kemampuan seseorang untuk mendengar, mengenali pola, dan mengingat sesuatu melalui musik yang didengarnya. Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya peka terhadap bunyi, irama, warna nada, ketukan, ritme, suara musik, dan suara non-verbal di sekitarnya.

 

Anak yang cerdas secara musikal memiliki ketertarikan besar terhadap alat musik atau bernyanyi. Secara alamiah, ia dapat dengan mudah menguasai alat musik atau menebak nada. Dan kecerdasan ini adalah yang muncul paling awal dari seorang anak.



 

Sejak dalam kandungan, Si Kecil sudah mendengar irama jantung dan pernapasan Anda. Jadi pada hakikatnya, semua anak memiliki kecerdasan ini. Kecerdasan musikal sangat penting untuk dikembangkan, karena dapat mengasah kepekaan emosi Si Kecil, sekaligus merangsang kecerdasan-kecerdasan lainnya.

 

Cara Tepat Mengasah Kecerdasan Musikal

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengasah kecerdasan musikal Si Kecil, seperti:



- Saat masih bayi, Anda dapat memperdengarkan musik dari berbagai genre kepadanya. Ini juga penting untuk memperluas pengetahuan musik Si Kecil nantinya.

- Selalu sertakan musik saat Anda sedang berkegiatan bersama Si Kecil. Anda juga dapat mengajaknya bernyanyi saat sedang mengganti popok, memandikan, atau menidurkannya.

- Di usia 6-9 bulan, ajak ia untuk bergerak dan melambaikan tangan mengikuti irama lagu. Hal ini diperlukan untuk mengasah responsnya saat mendengarkan musik.

- Ketika sudah menginjak 1 tahun, ajak ia untuk bernyanyi sambil bertepuk tangan dan menari gembira.

- Berikan alat musik mainan, seperti piano atau drum, untuk mengeksplorasi kemampuan bermusiknya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   kecerdasan musikal,   musik,   stimulasi








Cover Januari - Februari 2020