Mother&Baby Indonesia
3 Cara Seru Kenalkan Alfabet pada Anak

3 Cara Seru Kenalkan Alfabet pada Anak

Sebelum masuk sekolah, tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan Si Kecil dengan beberapa kemampuan dasar. Salah satunya adalah mengenalkan alfabet. Langkah ini akan sangat berguna untuk memudahkan anak dalam belajar membaca dan menulis.Tentunya ada cara seru dan menyenangkan dalam mengajarkan buah hati belajar huruf-huruf, seperti 3 hal berikut ini:

 

1. Gunakan Buku Bacaan Berwarna



Ajak anak untuk bersama-sama membaca buku bacaan khusus untuk belajar membaca. Pilih buku yang menarik dengan warna dan gambar yang disukainya. Biasanya, anak akan lebih bersemangat untuk belajar jika terdapat hal yang ia gemari.

 

2. Bentuk Huruf Lewat Gerakan Tubuh

Minta Si Kecil untuk membentuk huruf dengan menggunakan tubuhnya. Pilihlah bentuk huruf yang mudah untuk divisualisasikan lewat gerakan. Sebelumnya, Anda perlu memberi contoh terlebih dahulu dengan gerakan atau liukan tubuh Anda. Akan sangat baik jika ditambah dengan iringan musik supaya belajar Si Kecil lebih menyenangkan.



 

3. Bermain Dadu Huruf

Buatlah dadu ukuran besar dengan menggunakan karton yang sudah tidak terpakai. Lalu, tempelkan sisi dadu dengan huruf yang berbeda. Beberapa toko permainan anak juga sudah menyediakan permainan dadu ini.

Kemudian, lempar dadu tersebut dan ajak Si Kecil untuk menebak huruf apa yang muncul di bagian atas. Selain belajar mengenal huruf, permainan ini juga bisa lebih mengasah daya ingat anak.

 

Selamat mencoba, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   belajar,   alfabet,   huruf