Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Ajarkan Anak Untuk Berinteraksi

Pentingnya Ajarkan Anak Untuk Berinteraksi

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan seseorang untuk memahami perasaan, memotivasi, dan mengenal suasana hati orang lain. Anak dengan kecerdasan interpersonal biasanya tidak sulit untuk beradaptasi di lingkungan baru, peka terhadap tingkah laku orang lain, mampu bekerja sama, dan supel.

 

Karenanya, anak dengan kecerdasan interpersonal berpotensi besar menjadi pemimpin masa depan. Ia sangat disukai dan selalu dinantikan kehadirannya dalam kelompok pertemanan, karena sikap yang menyenangkan.



 

Kecerdasan ini membuat seseorang terampil dalam menciptakan, membangun, dan mempertahankan relasi sosialnya. Seseorang dengan kecerdasan interpersonal biasanya juga mampu memecahkan masalah yang terjadi dalam relasi sosialnya dengan pendekatan win-win solution. Kepekaannya terhadap perasaan orang lain membuatnya mampu memecahkan masalah secara efektif.

 

Mengasah Kepekaan Sosial

Interaksi dengan orang lain adalah hal terpenting yang harus dilakukan untuk menstimulasi kecerdasan interpersonal Si Kecil. Untuk membantu Anda, lakukan tips berikut ini:

- Biasakan ia untuk bersalaman sambil tersenyum ketika diajak berkenalan.



- Ajarkan Si Kecil untuk berbagi. Misalnya, ia punya boneka atau mobil-mobilan, minta ia untuk mengajak temannya bermain bersama.

- Untuk mengasah empati Si Kecil, Anda bisa mengajarinya membantu dan menolong teman. Contohnya, saat ada temannya yang menangis karena makanannya jatuh, minta ia untuk berbagi makanan dengan teman tersebut.

- Ketika membacakan buku cerita atau dongeng kepada Si Kecil, coba gali kepekaannya. Misalnya, saat ada tokoh yang bersedih, apa yang akan ia lakukan untuk menghiburnya.

- Bicarakan perasaan Anda atau orang lain kepadanya. Misalnya, “Dik, kakak sedang sedih. Jangan ajak ia bermain dulu, ya!” Ini akan membantu SI Kecil untuk mengasah kepekaan sosialnya.

 

Jadi, ada banyak cara agar Si Kecil bisa bersosialisasi dan memiliki banyak teman. Selain meningkatkan rasa empati, juga membuat tumbuh kembangnya dalam berinteraksi dengan orang lain lebih optimal. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   sosialisasi,   kecerdasan interpersonal