Mother&Baby Indonesia
Mengajarkan Geografi pada Anak

Mengajarkan Geografi pada Anak

Sekolah bukanlah satu-satunya tempat yang bisa digunakan Si Kecil untuk belajar. Berbagai tempat lainnya, mulai dari supermarket, rumah sakit, hingga tempat wisata, bisa menjadi lokasi belajar yang menyenangkan baginya.

 

Dengan menggunakan sedikit kreativitas, Anda dapat mengajarkan segala hal kepada Si Kecil, baik yang bersifat akademis maupun yang berhubungan dengan kecerdasan moral dan sosialnya, termasuk mengajarkannya soal geografi, Moms dan Dads.



 

Dengan belajar geografi, Si Kecil bisa mengetahui berbagai kontur bumi dan manusia yang hidup di atasnya. Ia juga bisa mengenal tatanan fisik dunia, seperti sungai, gunung, dataran tinggi, dan dataran rendah. Selain itu, Si Kecil akan mempelajari hubungan antara kontur bumi dan keragaman budaya serta kebiasaan manusia di seluruh dunia. Berikut ini tempat-tempat yang bisa digunakan untuk belajar geografi dengan menyenangkan.

 

Restoran

Anda bisa mengenalkan negara-negara di dunia kepada Si Kecil dari makanan khasnya. Ajaklah ia mengunjungi restoran Jepang dan katakan bahwa sushi adalah makanan khas negara tersebut. Anda juga bisa menceritakan lebih panjang lagi mengenai hal-hal menarik yang ada di Jepang, seperti pohon sakura dan kimono. Selain itu, Anda bisa mengenalkan daerah-daerah di negara kita ini termasuk ciri khasnya. Misalnya, ketika Anda mudik pulang kampung, saat mampir ke daerah Brebes, belilah telur asin dan ceritakan padanya tentang makanan khas tersebut. Atau saat jalan-jalan ke Yogyakarta, Anda bisa menghadiahi Si Kecil pakaian batik sembari mengenalkannya pada kebudayaan batik yang banyak terdapat di provinsi tersebut.

 

Tempat Wisata



Ketika berlibur ke daerah pegunungan, ceritakan kepada Si Kecil bahwa ia akan mengunjungi landscape yang berbeda. Jelaskan bahwa ia akan merasakan udara yang lebih dingin karena pegunungan terletak di dataran tinggi. Sementara saat berlibur ke pantai, Anda bisa menceritakan apa saja isi lautan dan perbedaan air laut dengan air sungai. Tambahkan juga mengenai perbedaan profesi penduduk di daerah pegunungan dan pantai. Di pegunungan, ia akan melihat banyak orang yang bertani dan bercocok tanam, sedangkan di pantai ia akan tahu jika kebanyakan penduduknya hidup sebagai nelayan mencari ikan.

 

Resepsi Pernikahan

Ketika mengajak Si Kecil ke acara perkawinan, terutama yang menggunakan adat Indonesia, Anda bisa mengenalkan suku dan kebudayaan kepadanya. Contohnya, saat pergi ke resepsi pernikahan suku Batak, Anda bisa menjelaskan dari mana suku Batak berasal, tariannya, nama kain khasnya, dan banyak lainnya. Di beberapa pesta pernikahan adat biasanya juga disediakan makanan khas yang bisa Anda dan Si Kecil nikmati bersama. Pastinya aneka makanan dengan rasa dan tekstur baru yang dicicipi Si Kecil akan menambah pengalaman baru baginya.

 

Rumah

Gunakan globe untuk mengajari Si Kecil luasnya dunia yang ia tinggali. Dari globe, ia juga bisa melihat bentuk asli bumi, negara, dan benua apa saja yang ada. Sambil melihat globe, siapkan juga gadget Anda. Jadi, ketika nanti Si Kecil bertanya sesuatu yang tidak Anda ketahui jawabannya, Anda bisa langsung mencari sumber datanya dari internet. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   geografi








Cover Januari - Februari 2020