Mother&Baby Indonesia
Moms, Penuhi Kebutuhan Dasar Anak Ini

Moms, Penuhi Kebutuhan Dasar Anak Ini

Di masa emas tumbuh kembangnya, Si Kecil banyak mengeksplorasi hal-hal baru. Jadi jangan heran jika ia suka mengamati segala sesuatu di sekelilingnya. Nah, inilah satnya bagi Anda untuk ikut berinteraksi dengannya agar Si Kecil dapat mewujudkan akal menjadi aksi pintarnya setiap hari. Bagaimana caranya?

 

Setiap anak memiliki kecerdasan dengan tingkat yang berbeda-beda. Menurut psikolog keluarga, Roslina Verauli, M.Psi, kecerdasan ini merupakan potensi anak yang memungkinkan ia untuk belajar. Tingkat kecerdasan setiap anak dipengaruhi oleh genetika (sekitar 80 persen) dan stimulasi dari lingkungan. Kecerdasan anak merupakan hal kompleks yang menunjukkan kemampuannya untuk bernalar, berpikir logis, melakukan analisis, memecahkan masalah, dan melakukan tugas-tugas kognitif atau berpikir tingkat tinggi.



 

Kepintaran anak itu luas, tidak hanya mencakup kecerdasan akademis semata. Karena itu para orangtua harus dapat menggali kecerdasan-kecerdasan lain untuk mengoptimalkan potensi diri anak. Anak-anak memiliki hak-hak atas kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh orangtuanya, yaitu:

 

1. Asah

Selain faktor genetika, 20 persen penentu tingkat kecerdasan seorang anak adalah faktor lingkungannya. Itulah sebabnya, rangsangan atau stimulasi yang diberikan oleh orangtua, lingkungan, dan orang-orang di sekelilingnya akan sangat memengaruhi perkembangan Si Kecil. Selain itu, nilai-nilai kehidupan seperti aspek spiritual turut mengajarkan anak bagaimana menjadi pribadi yang cerdas dan berakhlak.

 



2. Asih

Kasih sayang yang Anda berikan untuk Si Kecil akan sangat berpengaruh pada perkembangan emosionalnya. Anak-anak yang mendapatkan perhatian dari orangtua mereka akan tumbuh menjadi anak dengan emosi positif bagi dirinya sendiri juga lingkungannya.

 

3. Asuh

Ini merupakan kebutuhan dasar anak yang bersifat biologis. pemenuhan gizi yang seimbang, waktu istirahat yang cukup, dan kebutuhan olah tubuh untuk perkembangan kemampuan motorik dan fisik Si Kecil dalah beberapa di antaranya. Agar proses belajar dan perkembangan nalar serta logikanya optimal, Si Kecil harus didukung dan memiliki perkembangan fisik yang baik, daya tahan tubuh yang optimal, dan sistem pencernaan yang sehat. Oleh karena itu, diperlukan pemberian nutrisi yang baik, yang akan sangat menentukan keberhasilan proses belajar Si Kecil.

 

Nah, pastinya Anda siap untuk memberikan semua kebutuhan tersebut untuk Si Kecil. Ya kan, Moms? (M&B/SW/ Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   tumbuh kembang








Cover Januari - Februari 2020