Mother&Baby Indonesia
Tahapan Anak Berlatih Menulis

Tahapan Anak Berlatih Menulis

Di usia dini, coretan, garis, dan gambar yang dibuat Si Kecil akan mempersiapkannya untuk belajar huruf dan menulis. Ini tahapan balita berlatih menulis, Moms.

 

1-2 Tahun



Balita mengembangkan kemampuan tangannya dengan memegang alat untuk menulis dan membuat coretan di kertas. Kemampuan ini biasanya dimulai ketika ia sudah berusia sekitar 18 bulan. Lakukan beberapa hal berikut ini untuk melatih kemampuan Si Kecil:

1. Ajak Si Kecil untuk berlatih memegang alat tulis. Gunakan alat tulis yang berukuran besar karena akan lebih mudah baginya untuk menggenggam.

2. Sediakan alat tulis/gambar yang mudah dihapus. Pakaikan juga ia apron gambar untuk melindungi bajunya. Anda juga bisa menyediakan alas kain untuk melindungi lantai atau meja.

3. Tanyakan kepada Si Kecil, "Apa yang kamu tulis?" Atau berikan komentar mengenai warna yang ia gunakan dalam coretannya.

 

3 Tahun

Di usia 3 tahun, Si Kecil mulai bisa mengontrol gerakan tangan ketika menggunakan alat tulis. Bahkan beberapa anak di usia 3 tahun sudah bisa menuliskan huruf, seperti X dan O. Dukung kemampuannya ini dengan melakukan:



1. Berikan Si Kecil banyak kesempatan untuk mengembangkan kemampuan menulisnya. Agar Si Kecil bisa mengontrol saat menggunakan alat tulis, ia harus mengembangkan koordinasi motorik halusnya. Ajak Si Kecil untuk bermain menumpuk balok, membereskan mainan, finger paint, dan membuat banyak bentuk dengan play dough. Aktivitas ini bisa melatih kemampuan motorik halusnya.

2. Letakkan alat tulis dalam jangkauan Si Kecil sehingga ia terdorong untuk menggunakannya.

3. Di usia ini, biasanya Si Kecil sudah mengenal namanya meskipun belum bisa menuliskannya. Gunakan kesempatan ini untuk mengenalkannya pada huruf-huruf tersebut. Misalnya, gunakan huruf awal nama Si Kecil dan tunjuk ketika huruf tersebut Anda dan Si Kecil temukan di jalan atau di tempat lain. "Lihat, ini makaroni. Makaroni dimulai dengan huruf M, sama seperti namamu, Mikha."

4. Si Kecil akan sangat bangga dengan coretannya. Ia bisa saja mengatakan bahwa garis tak beraturan yang ia gambar adalah seekor naga. Apa pun yang Si Kecil gambar atau tulis, berikan respons positif.

 

4-5 Tahun

Di usia ini, Si Kecil mulai bisa menulis huruf, meskipun dilakukan tanpa disengaja. "Lihat, aku membuat huruf W." Di usia ini, Si Kecil juga mulai tertarik untuk menulis dengan menggunakan komputer (mengetik).

Kemampuan Si Kecil dalam menggunakan krayon dan pensil akan lebih baik. Gambar dan coretannya pun akan lebih teratur, meskipun belum rapi. Kebanyakan anak usia ini bisa menuliskan nama mereka, terutama jika sudah bersekolah atau Anda terus mengenalkan dan mengajarkannya. Sebelum ia berusia 5 tahun, Si Kecil sudah bisa membuat bentuk dan garis, seperti horizontal, lingkaran, dan persegi. Terus latih kemampuannya dengan mengajaknya menulis dan menggambar setiap hari. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   menulis










Cover Mei-Juni-Juli 2020