Mother&Baby Indonesia
Langkah Tepat Menggali Potensi Anak

Langkah Tepat Menggali Potensi Anak

Sebagai orangtua, Anda harus menyadari bahwa setiap anak terlahir istimewa dan memiliki potensi masing-masing. Tugas Anda adalah menemukan dan mengembangkannya, bukan memaksanya untuk ‘menguasai’ potensi tertentu.

 

Karena itu, Anda tidak hanya memberikan yang terbaik untuk masa depan Si Kecil, tetapi juga mendukungnya dalam menemukan potensi diri. Anda akan lebih memahami kebutuhannya, serta siap membantu mengembangkan dan memaksimalkan potensi tersebut.



 

Apabila dirangsang dan diasah dengan cara yang baik serta menyenangkan, potensi Si Kecil pun akan berkembang maksimal. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menggali potensinya:

 

Pahami Gaya Belajar

Gaya belajar anak terbagi menjadi 3, yaitu visual, auditory, dan kinestetik. Anak yang memiliki gaya belajar visual dapat duduk dengan rapi dan memerhatikan sesuatu dengan baik. Ia juga tidak banyak bicara jika berada di suatu kelompok.

Sementara, gaya belajar auditory tergolong unik. Saat Anda menjelaskan sesuatu kepadanya, ia seringkali tampak tidak memerhatikan. Ia akan sibuk dengan kegiatannya sendiri, padahal sebenarnya ia mendengarkan dan menyerap apa yang Anda katakan.

Anak kinestetik biasanya mendapat predikat sebagai ‘tidak bisa diam’. Ia akan sibuk menggambar atau memainkan alat-alat di sekitarnya saat Anda menjelaskan sesuatu kepadanya. Ia juga selalu membutuhkan alat peraga untuk mempelajari sesuatu.



 

Kenali Berbagai Jenis Kecerdasan

Wujud kecerdasan anak sangat beragam, salah satunya intrapersonal. Anak yang memiliki kecerdasan ini mampu memahami diri sendiri, menghadapi berbagai situasi, dan mengendalikan diri. Dengan memahami berbagai wujud kecerdasan, Anda pun akan lebih mudah menemukan potensi Si Kecil dan menstimulasinya dengan cara yang tepat.

 

Identifikasi Kecerdasan

Untuk mengidentifikasi kecerdasan Si Kecil, Anda dapat melakukannya dengan bermain. Ajak ia untuk melakukan permainan yang berbeda-beda dan perhatikan di bagian mana ia tampak paling menonjol. Contohnya, jika ia senang sekali bermain warna dan menggambar bentuk, bisa jadi ia memiliki kecerdasan visual.

 

Jadi, siap untuk menggali potensi Si Kecil dengan cara yang menyenangkan, Moms? (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   potensi








Cover Januari - Februari 2020