Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 12 Juli 2018 / Redaksi

Saat Balita Terobsesi Menjadi Kurus

Wanita dewasa yang takut gemuk sudah lazim didengar, tapi kasus yang satu ini berbeda. Sebuah studi yang melibatkan 55 anak di California, AS, yang dipublikasikan dalam LiveScience melaporkan, saat ini para balita sudah khawatir berat badannya akan bertambah, sehingga mereka berusaha untuk tetap kurus.

 

Dalam observasi studi ini, tim peneliti menanyakan kepada mereka beberapa gambar yang menunjukkan 3 bentuk tubuh – kurus, sedang, dan gemuk. Hasilnya, tercatat lebih banyak yang memberi tanggapan negatif tentang tubuh gemuk.

 

Anak-anak tersebut mendeskripsikan tubuh gemuk dengan stigma jahat, bodoh, jelek, dan tidak memiliki teman. Mereka pun cenderung lebih memilih game dengan karakter animasi yang memiliki tubuh kurus.

 

“Ejekan yang berkaitan dengan berat badan adalah salah satu bentuk tanggapan negatif. Balita beranggapan bahwa orang-orang yang bertubuh gemuk itu sangat tidak baik,” ujar Jennifer Harriger, ketua tim peneliti. Menurutnya, tekanan yang besar pada diri mereka untuk memiliki tubuh kurus justru akan menyebabkan mereka mengalami gangguan makan dan depresi.

 

Harriger percaya, dengan hasil temuan ini, generasi wanita berikutnya akan lebih memerhatikan masalah bentuk tubuh dibandingkan dengan generasi sebelumnya. “Anak-anak usia balita saja sudah bisa berpikir seperti itu. Mereka terobsesi menjadi kurus dan cantik,” jelasnya.

 

Padahal, dalam usia balita, anak-anak memerlukan makanan bernutrisi dan gizi seimbang untuk menunjang tumbuh kembang mereka agar optimal. Jika mereka mulai berpikir untuk mengurangi makan agar jadi kurus dan terhindar dari gemuk, dikhawatirkan hal tersebut akan membuat mereka enggan makan dan bisa berdampak pada tumbuh kembang mereka.

 

Jika hal ini terjadi pada anak Anda, Moms sebaiknya mengedukasi Si Kecil untuk tetap makan. Jika alasan anak tidak mau makan karena khawatir menjadi gemuk, Anda bisa mengatakan bahwa makanan yang diberikan kepadanya adalah makanan sehat yang memiliki gizi dan nutrisi untuk tumbuh kembang mereka, dan tidak akan membuat mereka menjadi gemuk. Yang mesti dihindari adalah makanan junk food yang jika dikonsumsi berlebihan justru bisa menyebabkan obesitas. (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Moms, Ini Kemampuan Matematika Balita

Moms, Jangan Anggap Remeh Masalah Pencernaan Anak

Penyakit Tidur Berjalan Bisa Menurun Pada Anak



OTHER ARTICLES

Menyusui di Ruang Publik, Setuju atau Tidak?

Kiat Sukses Inisiasi Menyusui Dini

Fakta Tentang Persalinan Caesar yang Wajib Diketahui

Tips Menjemur Bayi yang Aman dan Tepat

Fakta Tentang Persalinan Normal yang Wajib Diketahui