Mother&Baby Indonesia
Yoga Untuk Bayi

Yoga Untuk Bayi

Tak ada yang meragukan jika yoga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, tidak hanya orang dewasa yang bisa melakukan yoga. Bayi juga ternyata bisa dan boleh beryoga.

 

Menurut dr. Rouli Nababan, Sp.A., bayi boleh saja diajak beryoga, asalkan Moms sebagai partner beryoga Si Kecil memahami betul tujuan dari setiap gerakan yoga dan cara melakukannya. Dengan begitu, gerakan yang dilakukan tidak akan salah dan menyebabkan cedera.



 

Manfaat Yoga Untuk Bayi

Gerakan-gerakan yoga bayi sangat sederhana, menyenangkan, sekaligus menenangkan bayi. Ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh Si Kecil jika Anda mengajaknya melakukan yoga, yaitu:

- Merangsang saraf motorik dan membantu menyiapkan tubuh Si Kecil agar mampu menguasai berbagai keterampilan, mulai dari berguling, merangkak, duduk, hingga berdiri dan juga berlari.

- Membantu meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil sehingga ia tidak mudah sakit.

- Memperkuat bonding antara Anda dan Si Kecil.

- Meningkatkan fungsi dan kerja sistem pencernaan. Gerakan peregangan pada yoga bisa mengurangi konstipasi, perut kembung, dan sakit perut.

- Melatih fleksibilitas otot.

- Membuat Si Kecil relaks, sehingga ia mudah tidur dan tidak rewel.

 

Yang Harus Diperhatikan

Gerakan-gerakan yoga untuk bayi biasanya direkomendasikan untuk bayi usia satu bulan hingga satu tahun. Agar beryoga berjalan lancar, sebaiknya Anda mempersiapkan segala sesuatunya secara matang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajak bayi beryoga:



- Jangan mengajaknya beryoga setelah selesai makan atau sedang lapar.

- Jangan mengajaknya beryoga saat suasana hati Si Kecil sedang buruk, ia sedang mengantuk, atau rewel.

- Siapkan ruangan yang nyaman dan bersih. Perhatikan juga kebersihan matras.

- Perhatikan sirkulasi udara ruangan. Aturlah hingga sejuk, tidak pengap, dan tidak lembap.

- Hindari suasana ruang beryoga dari lingkungan yang bising.

- Jangan pasang musik dengan volume terlalu keras. Iringi aktivitas yoga Anda berdua dengan musik yang lembut dan menenangkan untuk bayi.

- Persiapkan pakaian yang tepat untuk beryoga bersama bayi, yaitu pakaian yang membuat Si kecil dapat bergerak dengan leluasa.

- Lakukan gerakan dengan perlahan dan lembut.

- Selalu lakukan kontak mata dengan bayi.

- Jangan paksakan gerakan pada bayi, biarkan ia yang menentukan sendiri kapan akan mau melakukannya.

- Beri bayi kesempatan untuk menyusu apabila ia meminta di tengah kegiatan yoga, karena menyusui adalah yoga bagi otot-otot muka dan mulut.

 

Nah, selamat melakukan yoga bersama Si Kecil, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   yoga