Mother&Baby Indonesia
Tips Agar Anda Tak Perlu Repot Saat Anak Makan Sendiri

Tips Agar Anda Tak Perlu Repot Saat Anak Makan Sendiri

Saatnya bantu anak lebih mandiri. Salah satunya adalah mengajari Si Kecil untuk bisa makan sendiri, walaupun memang tidak mudah. Dan mungkin saja, makanannya jadi berantakan. Untuk mengurangi kekacauan yang harus Anda bersihkan, cobalah tips berikut ini:

- Bentangkan plastik atau koran di bawah kursi makan anak agar makanan yang berantakan berada di sekitarnya saja. Ini akan memudahkan Anda saat membersihkan lantai.

- Gambarlah lingkaran di nampan makannya untuk menunjukkan di mana Si Kecil harus menaruh gelas. Supaya Si Kecil belajar untuk tidak menumpahkan minumannya, gunakan gelas khusus yang memiliki tutup dengan corong yang berlubang.



- Jika sampai sangat berantakan, Anda coba buat permainan seru yang bisa mengajaknya untuk langsung mencuci tangan dan mulutnya.

- Gunakan wadah yang cekung dan bersekat. Hal ini untuk membuat Si Kecil lebih mudah menggunakan sendok.



 

Dengan membiarkan anak makan sendiri, hal ini akan menjadi salah satu tahapan stimulasi motoriknya. Ia bisa menyendok atau menyentuh makanannya sendiri dengan tangan. Ini sekaligus membantunya mengenal berbagai tekstur makanan yang ia konsumsi. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   mpasi








Cover Januari - Februari 2020