Mother&Baby Indonesia
Obesitas Pada Bayi Bisa Picu Asma

Obesitas Pada Bayi Bisa Picu Asma

Bayi yang lahir sehat dengan tubuh gemuk menjadi satu kelegaan bagi orangtua. Sayangnya, hal ini bisa mengindikasikan jika Si Kecil menderita obesitas. Jika dibiarkan, obesitas pada bayi dapat memicu gangguan pernapasan seperti asma.

 

Penelitian yang dilakukan di Bristol University, Inggris, menemukan adanya kaitan antara obesitas dengan kesulitan bernapas. Dr. Samantha Walker, kepala penelitian tersebut mengatakan bahwa anak dengan BMI atau Indeks Massa Tubuh yang tinggi, berisiko mengalami asma.



 

Untuk membuktikannya, penelitian ini melibatkan 4.835 anak yang menderita asma. Adanya tambahan BMI ternyata memperlihatkan terjadinya peningkatan risiko asma sebanyak 55 persen. Disebutkan pula, terdapat sejumlah studi yang mendukung bahwa obesitas pada anak menjadi tanda awal yang memicu terjadinya asma saat dewasa.



 

Meskipun masih dilakukan penelitian lebih lanjut, menghindari anak dari obesitas sangat dianjurkan untuk menjauhkannya dari beragam risiko penyakit. Jadi, Moms perlu menjaga asupan makanan yang diberikan pada Si Kecil agar ia tumbuh sehat dan optimal. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   kesehatan,   obesitas,   asma