Mother&Baby Indonesia
Tahapan Koordinasi Indera Anak Sesuai Usia

Tahapan Koordinasi Indera Anak Sesuai Usia

Meski masih di usia bayi, Si Kecil sudah mulai mempelajari banyak hal yang ia dapatkan dari lingkungan. Ia akan mengeksplorasinya dengan melihat dan menyentuh apa saja yang ada di dekatnya. Tak jarang mereka bisa saja memasukkan benda tersebut ke dalam mulut untuk merasakannya.

 

Perilaku ini menunjukkan rasa ingin tahu Si Kecil yang tinggi terhadap sesuatu. Dan di di balik semua aktivitas tersebut, ia melakukan hal yang luar biasa. Ia melakukan koordinasi antara indera penglihatan, sentuhan, dan perasa. Berikut ini adalah tahapan koordinasi sesuai usianya bayi.



 

Usia 1-3 bulan

Koordinasi tangan dan mata adalah kemampuan sistem visual Si Kecil untuk memproses informasi dan mengontrol respons. Di usia awal kehidupannya, mata Si Kecil akan sering mengikuti benda yang bergerak.

Sayangnya, ia belum bisa mengendalikan tangan untuk meraih benda dan memegangnya selama beberapa waktu. Di usia 3 bulan, Si Kecil akan mencoba mengambil benda yang dilihatnya, namun mungkin ia akan gagal.

 

Usia 4-6 bulan

Di tahap ini, Si Kecil sudah dapat memfokuskan penglihatannya. Ia dapat melihat benda yang jaraknya dekat dan jauh. Ketika ia menggenggam benda kemudian terlepas, ia akan bergerak mencari benda tersebut.

Ia akan mulai menggenggam dengan kuat lalu belajar memindahkan barang dari tangan satu ke tangan lainnya. Di tahap ini, Si Kecil akan suka memukul-mukul air saat mandi atau mencoba meraup air dengan tangan mungilnya.



 

Usia 7-9 bulan

Dr. Carol Cooper, penulis Baby&Child: All Your Question Answered, menuliskan bahwa di usia 7-9 bulan, Si Kecil akan bereksplorasi dengan memukul-mukul badan dan kerap menjatuhkan barang di dekatnya.

Pada usia ini, ia sudah menggunakan jari dan ibu jarinya untuk membuat gerakan menjepit. Memberinya finger food adalah cara terbaik untuk merangsang koordinasi antara mata (melihat), jari (menjepit), dan tangan (memasukkan makanan ke mulut).

Si Kecil juga sudah dapat menyusun balok mainan, menyusun gelang, dan memakan semua benda kecil yang ia temukan di dekatnya. Oh ya, ia juga akan sangat suka menarik benda-benda di atas meja, kemudian menjatuhkannya dan melihat bagaimana Anda bereaksi atas aksinya tersebut.

 

Usia 10-12 bulan

Kini, Si Kecil sudah mulai berani bereksplorasi. Ia akan suka membuka laci, tas, atau lemari dan melihat isinya. Ia juga sudah dapat mengambil barang tertentu dan memberikannya kepada Anda atau menjatuhkannya, agar Anda memerhatikannya.

Koordinasi tangan dan matanya sudah semakin baik. Untuk menstimulasinya, beri ia mainan bongkar pasang sederhana. Latihlah ia mencocokkan bentuk dan warna sebagai stimulasi kecerdasan. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   indera bayi










Cover April 2020