Home - Bayi - Perawatan Bayi / 30 Juni 2018 / Redaksi

Ketahui Eksem, Gangguan Peradangan Kulit Anak

Salah satu yang dikhawatirkan oleh orangtua adalah rasa tidak nyaman yang dialami Si Kecil. Penyebabnya bisa karena adanya gangguan, termasuk peradangan kulit yang juga disebut eksem. Jika Si Kecil terserang gangguan kulit bawaan ini, maka dapat timbul rasa gatal.

 

Penyakit ini juga menyerang 10-20 persen anak-anak dan bisa muncul di seluruh bagian tubuh, terutama pipi, serta lipatan tangan dan kaki. Sekitar 50 persen anak-anak yang pernah terkena eksem atopik (eksem susu) saat bayi akan sembuh ketika berusia 2 tahun. Selebihnya, sekitar 85 persen akan sembuh ketika berusia 5 tahun.



 

Penyebab dan Gejala

Anak yang terkena eksem memiliki kulit yang sangat sensitif terhadap partikel debu, polusi udara, serbuk, atau bulu binatang. Eksem terjadi pula karena faktor keturunan. Selain itu, eksem dapat dipicu oleh berbagai iritasi yang mengakibatkan reaksi pada sistem kekebalan tubuh.

Misalnya karena iklim yang berubah dan makanan pemicu alergi, seperti produk susu atau makanan laut. Pakaian wol dan lycra, peralatan mandi, dan sabun cuci yang mengandung bahan kimia tertentu, juga bisa menjadi faktor penyebabnya.

Eksem sangat mudah dideteksi. Jika terkena, kulit akan terlihat kering dan gatal, atau muncul ruam-ruam merah yang kasar. Biasanya terjadi di pipi, siku bagian dalam, dan belakang lutut. Jika digaruk, mungkin sekali kulit akan luka dan infeksi hingga timbul benjolan kecil berisi nanah, kulit menebal, dan bercak kecokelatan.



 

Yang Harus Dilakukan

Untuk meredakan eksem, mandikan Si Kecil dengan air hangat. Jangan menggunakan air yang terlalu panas, karena suhu tinggi dapat memicu eksem lebih parah. Gunakan sabun lembut, tanpa pewangi, dan hypoallergenic.

Anda juga bisa menggunakan losion mandi berbahan dasar gandum. Setelah mandi, keringkan tubuh Si Kecil dengan cara menepuk lembut kulit memakai handuk untuk mengurangi gesekan. Kenakan pakaian longgar dari bahan katun.

Eksem bisa juga dicegah dengan cara mencuci pakaian baru sebelum digunakan. Hindari garukan yang dapat meningkatkan ruam pada kulit. Untuk mencegah infeksi karena garukan, gunting kuku Si Kecil dan pakaikan sarung tangan.

Eksem dikatakan parah jika kulit sudah bersisik dan sangat gatal, serta timbul ruam dengan benjolan yang berisi nanah. Jika tanda-tanda tersebut muncul, segera konsultasikan dengan dokter. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Menggunting Bulu Mata Bayi

Bayi Mengalami Keputihan, Normalkah?

Tips Redakan Rasa Sakit Saat Anak Tumbuh Gigi

OTHER ARTICLES

Nama Anak bisa Pengaruhi Kreativitas & Percaya Dirinya

Sebaiknya Waspada! Ini Bahaya Kabut Asap buat Ibu Hamil

Mata Balita Minus? Ini Penyebabnya, Moms

Nyeri saat Menyusui? Ketahui 7 Fakta Mastitis, Moms!

Teori-teori Tentang Parenting yang Tidak Ada di Buku