Mother&Baby Indonesia
Menggunting Bulu Mata Bayi

Menggunting Bulu Mata Bayi

Orangtua zaman dahulu percaya jika ingin bulu mata bayi tumbuh lentik, maka harus digunting sedikit. Bahkan beberapa orang juga percaya, semakin sering digunting, bulu mata akan tumbuh lebih panjang dan lentik.

 

Padahal menurut dr. Rouli Nababan, Sp.A., menggunting bulu mata bayi hanya akan mengurangi kemampuannya sebagai perisai untuk melindungi mata dari benda asing. Tidak ada bukti ilmiah yang bisa mendukung praktik memotong bulu mata bayi ini. Fakta justru menunjukkan, bulu mata yang panjang dan lentik sebenarnya dipengaruhi oleh faktor genetika. Sementara jika digunting, bulu mata justru akan tumbuh lebih kaku daripada sebelumnya.



 

Malahan, ada sejumlah akibat yang mungkin terjadi jika Moms mencoba menggunting bulu mata Si Kecil. Misalnya, Moms bisa saja mengguntingnya terlalu pendek, sehingga bulu mata tersebut tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Kemudian, meskipun berusaha untuk sangat berhati-hati, tangan Anda bisa saja tersenggol sehingga malah mencolok mata si kecil dan membahayakannya.



 

Jadi biarkan saja bulu mata Si Kecil tumbuh alami seperti adanya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   bulu mata