Mother&Baby Indonesia
Bayi Mengalami Keputihan, Normalkah?

Bayi Mengalami Keputihan, Normalkah?

Keputihan tidak hanya terjadi pada orang dewasa, bayi pun bisa mengalaminya. Seorang bayi perempuan yang baru berusia 6 hari mengalami keputihan. Kemudian di hari berikutnya, terdapat lendir berwarna merah seperti darah. Apakah kondisi tersebut normal terjadi pada bayi perempuan yang baru lahir?

 

Dr. Rouli Nababan, Sp.A dari KiddieCare Center, Sunter, Jakarta, menjelaskan fakta medis bahwa sekitar 20-25 persen bayi perempuan dapat mengeluarkan noda darah atau keputihan yang mirip darah menstruasi di minggu pertama kelahirannya.



 

Selama janin berada dalam rahim, bayi mendapat pasokan makanan dan oksigen dari darah ibu yang mengalir ke dalam tubuhnya termasuk hormon juga. Si Kecil akan terpapar hormon estrogen dari ibu yang akhirnya terbawa sampai lahir. Karena organ-organ reproduksi pada bayi perempuan sudah ada, maka hormon estrogen menyebabkan bayi mengeluarkan lendir.



 

Namun Moms tidak perlu cemas jika hal tersebut terjadi pada buah hati Anda. Ini akan menghilang dengan sendirinya. Tidak ada pengobatan khusus, cukup menjaga kebersihan bagian vaginanya. Moms bisa melakukan cara berikut ini untuk membersihkan area genital bayi perempuan. Namun, apabila pendarahan berlanjut lebih dari 7 hari, segera periksakan ke dokter. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   keputihan