Mother&Baby Indonesia
Tips Redakan Rasa Sakit Saat Anak Tumbuh Gigi

Tips Redakan Rasa Sakit Saat Anak Tumbuh Gigi

Memasuki usia balita, gigi Si Kecil mulai tumbuh. Pada masa ini, anak akan merasa tidak nyaman di bagian mulut dan gusinya. Untuk mengatasi agar ia tidak mudah rewel, berikut ini adalah tips meredakan rasa sakit ketika Si Kecil tumbuh gigi.

 

1. Berikan Si Kecil teether yang telah didinginkan dengan cara dimasukkan ke lemari pendingin.



2. Cucilah tangan Anda dengan bersih, kemudian pijat gusi anak dengan lembut menggunakan jari.

3. Seringlah memberikan ASI kepada Si Kecil. Proses mengisap dapat meringankan rasa sakit yang dialami di dalam mulut Si Kecil.

4. Jika perlu, oleskan jeli atau cairan tumbuh gigi pada gusinya. Namun Anda mesti ingat, jangan melakukan hal ini lebih dari 4-6 kali sehari. Selalu baca petunjuk pada kemasan.



5. Oleskan es batu yang sebagian sudah mencair atau berukuran kecil ke gusi bayi. Tetapi, jangan biarkan ia menyedot es batu tersebut karena mungkin saja ia bisa tersedak.

6. Usaplah gusi yang bengkak dengan lembut memakai sikat gigi bayi. Tekstur sikat akan membuat Si Kecil lebih nyaman.

7. Berikan makanan kering untuk dikunyah Si Kecil. Anda bisa mencoba roti panggang, wortel yang telah dimasak setengah matang, atau potongan apel. Tetap perhatikan saat ia makan, supaya tidak tersedak.

8. Jika Si Kecil benar-benar tidak nyaman ketika tumbuh gigi, Anda bisa konsultasikan masalah ini ke dokter. Dokter mungkin akan mencoba memberikan parasetamol untuk meredakan rasa sakitnya. Parasetamol berfungsi sebagai obat untuk menahan nyeri. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   gigi,   tumbuh gigi