Home - Bayi - Perawatan Bayi / 13 Juni 2018 / Redaksi

Mudik Asyik Bersama Bayi

Mudik lebaran sudah jadi tradisi Anda. Namun kini mudik akan terasa beda, kenapa? Karena kini Anda akan mudik bersama bayi Anda. Ya, untuk pertama kalinya kini Anda mudik sebagai seorang ibu. Masalahnya, mudik bersama bayi, yang terbayang langsung oleh Anda mungkin adalah berbagai macam kerepotan dan 'drama' yang mungkin terjadi selama perjalanan berdurasi panjang. Padahal mudik bisa menjadi aktivitas bonding yang menyenangkan lho, Moms! Momen mudik juga akan menciptakan berbagai kenangan yang tak terlupakan. Persiapan yang matang adalah kunci sukses mengajak si Kecil mudik. Apa saja itu?

 

Bawa perlengkapan yang tepat

Kunci sukses mudik bersama si Kecil terletak pada kelengkapan bawaan Anda, Moms. Maka, bawalah barang-barang yang diperlukan buah hati Anda selama perjalanan, termasuk baju ganti, mainan kesayangannya, makanan dan minuman favoritnya. Yang juga tak boleh sampai ketinggalan adalah perlengkapan kebersihan tubuh dan kesehatan. Banyak memang yang harus Anda bawa, tapi bisa disiasati kok, dengan cara melakukan packing yang efektif dan efisien.

 

Atur barang serapi mungkin

Agar tidak bingung dan kelupaan ketika mencari barang-barang yang diperlukan saat di perjalanan nanti, aturlah dengan sebaik mungkin agar mudah untuk ditemukan. Terutama barang milik bayi Anda, Moms. Anda bisa menggunakan pouch  atau tas kecil untuk menaruh masing-masing perlengkapan sesuai dengan keperluan. Misalnya, untuk pakaian masukkan di pouch tersendiri, begitu pula dengan popok, toiletries Si Kecil, obat-obatan, hingga mainan. Nah, untuk memudahkan Anda juga, berilah nama pada masing-masing pouch dengan cara menempelkan sticker.

 

Selain itu, Moms juga bisa ikuti tips-tips berikut ini agar bayi tetap riang selama perjalanan, yaitu:

- Ciptakan area duduk atau tidur yang bersih dan nyaman untuk si Kecil, lengkap dengan mainan serta camilan yang mudah dijangkau oleh tangannya.

- Siapkan playlist lagu-lagu anak atau video film kartun favorit si Kecil. Jadikan itu sebagai 'senjata' pamungkas saat si Kecil menangis ataupun rewel.

- Ciptakan suasana gembira di dalam mobil. Bisa dengan melakukan permainan perjalanan yang menyenangkan atau menyanyi bersama.

 

Semoga mudik bersama buah hati Anda berjalan lancar dan menyenangkan ya, Moms! (Susanto Wibowo/MA/Dok. Freepik)

share to BBM





RELATED ARTICLE

Mudik Dengan Bayi? Ini 6 Perlengkapan Yang Wajib Dibawa

Bolehkan Bayi Memakai Perhiasan?

Saat Si Kecil Susah Tidur



OTHER ARTICLES

Tips Memilih dan Memasang Car Seat untuk Balita

Asah Kemampuan Berpikir Si Kecil dengan Cara Ini, Moms!

Cara Sembuh dari Trauma Persalinan

Kondisi Kesehatan bisa Dilihat dari Kuku

Waktu yang Tepat untuk Mengejan saat Melahirkan