Home - Bayi - Perawatan Bayi / 11 Juni 2018 / Redaksi

Mudik Dengan Bayi? Ini 6 Perlengkapan Yang Wajib Dibawa

Wah, ini adalah pertama kalinya Anda dan suami akan menikmati perjalanan mudik bersama Si Kecil. Karena masih bayi dan menjadi pengalaman perdana, mungkin ada banyak hal yang Anda khawatirkan, terutama jika ia mulai rewel di perjalanan. Nah, untuk mengantisipasinya, Moms bisa menyiapkan beberapa perlengkapan tambahan yang tidak boleh terlewatkan saat mudik bersama bayi Anda, seperti berikut ini.

 

Kotak P3K

Penting untuk Moms membawa kotak P3K selama perjalanan. Ini untuk mengantisipasi terjadi sesuatu sehingga Anda bisa memberikan pertolongan pertama, khususnya pada Si Kecil. Isilah kotak dengan lengkap, terdiri dari obat-obatan hingga kain kasa dan obat merah.

 

Perlengkapan makan dan menyusui

Secara medis, bayi baru boleh dibawa keluar rumah setelah usia 40 hari. Maka, ini masih masuk dalam pemberian ASI eksklusif ya, Moms. Untuk itu, wajib bagi Anda membawa perlengkapan yang membantu Anda menyusui dalam perjalanan. Mulai dari apron, handuk, tisu, breast pad, botol, pompa ASI, kotak pendingin, ice gel, dan lain sebagainya.

Dan untuk bayi yang sudah diberikan MPASI, Moms bisa membawa bekal makanan pendamping. Sediakan tempat juga untuk camilan seperti buah dan biskuit agar Si Kecil bisa tetap kenyang selama perjalanan.

 

Popok bayi

Salah satu yang sangat wajib dibawa adalah popok bayi. Ini biasanya untuk mengantisipasi jika di kampung halaman, sulit mencari popok yang sesuai dengan ukuran Si Kecil. Sediakan paling tidak 6-8 popok per hari untuk berjaga-jaga. Selain itu, sertakan tisu basah dan kantung atau pouch di dalam tas sebagai tempat meletakkan popok.

 

Pakaian secukupnya

Sediakan pakaian dan sesuaikan jumlah pakaian dengan lama waktu Anda mudik. Hitung berapa kali Si Kecil ganti baju dalam sehari, terutama ketika cuaca sedang sangat terik. Jangan lupa juga untuk membawa baju tambahan saat perayaaan lebaran dan jalan-jalan ya, Moms.

 

Mainan favorit

Hal penting lainnya yang bisa Moms bawa adalah mainan favorit Si Kecil. Mainan tentunya akan sangat ampuh mengatasi bayi yang rewel dalam perjalanan. Bawalah 4-5 mainan berbeda serta mudah menarik perhatian Si Kecil.

 

Stroller

Benda terakhir yang juga perlu dibawa saat mudik adalah stroller. Ini akan membantu sehingga Anda tidak kelelahan menggendong Si Kecil, terutama saat mengunjungi tempat rekreasi atau rumah kerabat. Stroller yang tersedia saat ini pun memiliki bentuk yang bisa dilipat, ringan, serta mudah dibawa kemana pun. Jadi, Moms akan lebih mudah juga dalam penyimpanannya saat mudik. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM





RELATED ARTICLE

Mengapa Bayi Bisa Mengalami Diabetes?

Kenali Meningitis Pada Anak Sejak Dini

Bolehkan Bayi Memakai Perhiasan?



OTHER ARTICLES

Tips Memilih dan Memasang Car Seat untuk Balita

Asah Kemampuan Berpikir Si Kecil dengan Cara Ini, Moms!

Cara Sembuh dari Trauma Persalinan

Kondisi Kesehatan bisa Dilihat dari Kuku

Waktu yang Tepat untuk Mengejan saat Melahirkan