Mother&Baby Indonesia
Bolehkan Bayi Memakai Perhiasan?

Bolehkan Bayi Memakai Perhiasan?

Sebagai orangtua, pastinya Anda menginginkan penampilan Si Kecil menarik, imut, dan menggemaskan. Salah satu cara yang ditempuh oleh sebagian orangtua adalah dengan memakaikan bayi perhiasan, terutama pada bayi perempuan. Kadang hal ini juga dilakukan sebagai bagian dari tradisi keluarga, jika seorang anak lahir, ia akan dibelikan perhiasan emas oleh kakek dan neneknya, sebagai tanda sayang dan harapan agar saat besar nanti, Si Kecil bisa menjadi orang yang berharga, sama seperti perhiasan yang diberikan padanya.

 

Perhiasan yang diberikan pada bayi bisa beragam jenisnya, seperti gelang, anting, maupun kalung. Namun apakah pemakaian perhiasan tersebut aman bagi bayi? Menurut Dr. Rini Sekartini Sp.A(K), mengenakan perhiasan pada bayi boleh saja dilakukan. tetapi harus diperhatikan keamanan dan kebersihannya. Umumnya, bahan perhiasan yang dikenakan pada bayi terbuat dari emas karena relatif lebih aman jika dibandingkan dengan perhiasan yang terbuat dari perak atau platinum.



 

Selain keamanan Si Kecil saat memakai perhiasan tersebut, perhatikan juga kenyamanannya. Dianjurkan agar orangtua tidak mengenakan cincin yang terlalu ketat pada bayi karena bisa memberi tekanan pada jari yang menyebabkan gangguan pembuluh darah. Balita pun dilarang memakai perhiasan terus-menerus, karena bisa menimbulkan gatal dan iritasi akibat sisa sabun atau sampo yang menempel di perhiasan tersebut. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda juga membersihkan perhiasan yang dikenakan bayi secara berkala guna menghindari kotoran yang menempel di perhiasan.

 



Yang juga penting untuk diperhatikan adalah memilih bentuk perhiasan yang akan dipakaikan pada bayi Anda. Pastikan ukurannya sesuai, tidak terlalu sempit atau kecil tapi juga tidak terlalu besar sehingga mudah lepas. Perhiasan tersebut juga tidak memiliki bagian atau sudut yang lancip atau tajam sehingga dikhawatirkan bisa membahayakan bayi Anda. Jaga juga supaya perhiasan tidak mudah terlepas sehingga mudah hilang atau bahkan bisa menarik perhatian Si Kecil untuk memasukkannya ke dalam mulut dan membuatnya tersedak.

 

Terakhir, saat memakaikan perhiasan pada Si Kecil, perhatikan juga keamanannya. Jangan sampai pemakaian perhiasan tersebut terlihat mencolok dan malahan mengundang orang untuk melakukan tindak kejahatan terhadap bayi Anda yang bisa mengancam keselamatan dan keamanannya ya, Moms. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   balita,   perhiasan








Cover September 2019

Related Article