Mother&Baby Indonesia
Normalkah Demam Pasca Melahirkan?

Normalkah Demam Pasca Melahirkan?

Setelah 9 bulan menjalani masa kehamilan, tibalah saatnya Moms melahirkan Si Kecil ke dunia. Ada banyak hal yang bisa terjadi ketika proses dan setelah persalinan terjadi. Salah satunya adalah Anda merasakan demam, khususnya pasca-melahirkan.

 

Lalu apakah normal jika kondisi ini terjadi? dr. Ardiansjah Dara, Sp.OG menjelaskan bahwa setelah bersalin, suhu tubuh akan naik sekitar 0,5o C. Setelah 24 jam, suhu tubuh akan kembali normal. Apabila tubuh tetap demam tinggi, kemungkinan Anda mengalami demam pasca-persalinan.



 

Hal tersebut disebabkan beberapa hal, seperti infeksi pada jalan lahir dan matitis, yaitu infeksi kelenjar susu di payudara. Jika demam yang Anda alami tergolong ringan, kemungkinan karena proses persalinan yang melelahkan, sehingga suhu tubuh lebih meningkat daripada biasanya.



 

Karena itu, penting bagi Anda untuk selalu memerhatikan perubahan suhu tubuh pasca melahirkan. Apabila temperatur tubuh melebihi 38oC, segeralah memeriksakan diri ke dokter. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: persalinan,   demam,   melahirkan








Cover Maret 2020