Mother&Baby Indonesia
10 Barang Wajib Dibawa Jelang Persalinan

10 Barang Wajib Dibawa Jelang Persalinan

Menjelang waktu persalinan, Moms wajib menyiapkan beberapa barang untuk dibawa saat di rumah sakit. Terlebih jika ini adalah kehamilan pertama. Dengan membawa barang-barang berikut ini akan membuat Anda lebih nyaman sejak kontraksi pertama hingga waktunya Si Kecil lahir. Nah, agar tidak merepotkan, tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan perlengkapan seperti berikut ini di dalam tas Anda:

 

- Pakaian yang nyaman (khususnya untuk tidur). Banyak dari calon ibu yang memilih menggunakan pakaian rumahan seperti kaos longgar dan legging daripada gaun rumah sakit yang berwarna hijau. Alasannya sederhana, karena ingin merasakan nyaman saat menanti kelahiran Si Kecil. Jadi, Moms bisa memasukkannya ke dalam tas Anda, ya.



- Alas kaki seperti sandal rumah. Kaki Anda mungkin agak membengkak setelah melahirkan. Jadi, pakailah alas kaki seperti sandal yang nyaman untuk berjaga-jaga. Bisa juga dengan memakai kaus kaki agar tubuh tetap hangat.

- Kamera dan smartphone. Dads bisa mendokumentasikan pengalaman pertamanya melihat Si Kecil lahir, merawat di awal kelahiran saat di rumah sakit, hingga waktunya pulang ke rumah. Anda bisa merekamnya dengan kamera ponsel atau kamera lain, yang penting adalah kenangan yang keluarga simpan dan bisa dilihat saat Si Kecil dewasa nanti.

- Perlengkapan mandi. Sederhana namun cukup penting agar bisa Anda bawa saat akan ‘menginap’ di rumah sakit. Mulai dari pasta gigi, sabun dan sampo, atau juga body lotion dan alat bersolek perlu masuk dalam daftar isi tas Anda, Moms.

- Barang kesayangan. Ini akan membantu Anda menghabiskan waktu menunggu di sela-sela kontraksi. Moms bisa membawa majalah atau novel yang belum sempat dibaca, atau speaker kecil untuk mendengarkan musik lembut (tentu yang tidak mengganggu pasien lain). Maka, Anda akan terhibur sambil menanti kedatangan Si Kecil ke dunia.



- Alat bantu tidur. Anda dibolehkan membawa penyumbat telinga atau masker mata agar nyaman saat proses pembukaan terjadi. Tak hanya Moms, Dads juga dibolehkan membawa bantal dan selimut tambahan saat berjaga di rumah sakit.

- Makanan ringan. Moms bisa juga menikmati camilan sambil menunggu waktu persalinan tiba. Bawalah jus buah atau snack bar agar tidak merasa kelaparan di tengah malam. Ini pun akan memengaruhi mood saat berada di rumah sakit.

- Alat bantu menyusui. Pasca melahirkan, Anda butuh menyusui Si Kecil. Maka, Moms bisa membawa bantal penyangga atau bra menyusui untuk membantu proses pemberian ASI pada Si Kecil.

- Pakaian dan perlengkapan bayi. Setelah lahir, Moms bisa langsung memakaian pakaian pada Si Kecil. Bawa berbagai ukuran untuk mencocokkan dengan ukuran tubuh bayi. Selain itu, bawa juga perlengkapan bayi lainnya.

- Handuk pribadi. Mungkin Anda lebih tenang jika membawa handuk sendiri dari rumah. Selain karena bersih, tekstur handuk yang mungkin lebih halus dari handuk rumah sakit bisa membuat Anda lebih nyaman. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   persalinan,   persiapan melahirkan










Cover Mei-Juni-Juli 2020