Mother&Baby Indonesia
Ini Museum Ramah Anak di Jakarta

Ini Museum Ramah Anak di Jakarta

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, untuk mengajak anak pergi ke tempat hiburan atau wisata tidak harus melulu ke luar kota. Moms dan Dads juga bisa ajak Si Kecil ke tempat wisata yang terdapat di Jakarta. Ada banyak tempat wisata keluarga yang tersedia, misalnya berbagai museum yang ada di kota metropolitan ini. Selain biayanya yang lebih terjangkau dan hemat waktu, museum-museum ini menawarkan fasilitas edukatif yang bisa menambah wawasan Anda serta keluarga dan pastinya menarik minat Si Kecil. Ini beberapa museum menarik di Jakarta yang bisa Anda kunjungi dengan Si Kecil.


Baca Juga: Jelajahi Museum-Museum di Indonesia Ini Secara Virtual



 

Museum Layang-Layang

Museum yang berada di Pondok Labu, Jakarta Selatan ini bisa jadi pilihan bagus buat anak. Si Kecil pasti tertarik melihat berbagai koleksi layang-layang yang ada, mulai dari layang-layang tradisional hingga layang-layang modern, dari yang berukuran sangat kecil hingga berukuran raksasa. Di museum ini anak tidak hanya bisa melihat berbagai jenis layang-layang, tapi ia juga bisa menonton video tentang layang-layang serta membuat dan melukis layang-layang. Selain itu, ada banyak aktivitas menarik lainnya, misalnya membuat dan melukis keramik, melukis payung, hingga membatik. Hasil karya Si Kecil juga bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

 

Museum Wayang

Terletak di kawasan Kota Tua Jakarta, museum ini menyimpan banyak koleksi wayang berbagai jenis dan bentuk dari banyak daerah di Nusantara. Di museum ini anak bisa melihat berbagai macam wayang atau boneka, tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dari luar negeri. Yang seru, Anda bisa kenalkan Si Kecil pada berbagai boneka karakter dari film seri Si Unyil dari TVRI yang terkenal di era 80-an dulu. Anda juga bisa membelikan souvenir wayang buat Si Kecil


Baca Juga: Rekomendasi Museum yang Mengadakan Online Tour

 

Museum Macan

Ingin mengenalkan seni pada anak? Ajak saja Si Kecil ke tempat ini, Moms. Museum ini menampilkan banyak karya seni rupa modern dan kontemporer di Indonesia. Yang juga menarik, museum ini terkenal karena tempatnya yang instagramable banget, Moms! Anda bisa puas menikmati karya seni yang ada sambil berfoto-foto. Si Kecil mungkin belum terlalu bisa menikmati karya-karya seni yang ada. Tapi ini bisa menjadi inspirasi baginya nanti. Moms bisa lakukan hal ini, pulang dari tempat ini, berikan anak kertas kosong dan pensil warna atau krayon serta minta ia menggambar seperti karya seni yang ada di museum yang ia kunjungi tadi. Setelah itu, lihat hasilnya, Moms.

 

Museum Transportasi

Museum yang terletak di area Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini mengoleksi berbagai macam transportasi, baik darat, laut, maupun udara, dari masa ke masa. Tidak hanya balita Anda yang akan merasa senang bisa melihat langsung aneka mobil, motor, kereta api, pesawat dan berbagai jenis alat transportasi lainnya, Moms dan Dads pun juga bisa bernostalgia dengan menyaksikan kembali alat transportasi zaman dahulu yang mungkin pernah Anda naiki saat masih kecil. Semuanya terpajang apik dan terawat keberadaannya. Menarik kan, Moms dan Dads?

 

Museum Olahraga

Di museum ini, Si Kecil bisa mengenal berbagai macam olahraga. Tidak hanya itu, ia juga bisa mengetahui permainan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Nah, ini bisa menambah minat anak untuk semangat melakukan aktivitas fisik, tentunya dengan disertai Anda ya, Moms dan Dads. Anda juga bisa mengajari anak permainan tradisional yang mungkin dulu pernah Anda mainkan saat kecil. Aktivitas fisik pastinya sangat berguna untuk tumbuh kembang Si Kecil.


Baca Juga: Mengenalkan Anak pada Alam Melalui Karya Seni



 

Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia

Bentuk bangunannya yang unik berupa komodo raksasa tentu akan membuat anak tercengang dan membangkitkan antusiasmenya untuk mengunjungi tempat ini. Di dalamnya sendiri diperlihatkan koleksi berbagai jenis binatang mamalia, serangga, dan reptilia, lengkap dengan kondisi lingkungan alamnya. Nah, Anda bisa kenalkan berbagai jenis hewan tersebut pada Si Kecil. Selain melihat satwa dalam bentuk pajangan, dan hewan hidup, museum ini juga menyediakan Taman Sentuh bagi Anda dan Si Kecil yang penasaran ingin melihat lebih dekat dan menyentuhnya.

 

Museum Keramik dan Seni Rupa

Di dalam museum ini tersaji berbagai koleksi lukisan indah dari karya seniman-seniman Indonesia, patung-patung cantik, serta berbagai koleksi keramik dari daerah-daerah di Indonesia dan koleksi keramik dari seni kreatif kontempoter. Museum ini juga menawarkan berbagai fasilitas wisata yang menarik, misalnya belajar membuat gerabah. Nah, Anda bisa ajak Si Kecil membuat gerabah. Bingung bagaimana mambuatnya? Tenang saja Moms, Anda akan dipandu oleh petugas dalam membuat gerabah. Si Kecil pasti suka!


Baca Juga: Ajarkan Anak Sejarah di Tempat-Tempat ini

 

Museum Tekstil

Si Kecil gemar menggambar, Moms? Kegiatan membatik untuk anak di Museum Tekstil bisa jadi pilihan untuk menambah pengalaman mereka. Sudah sejak lama Museum Tekstil menyediakan kursus membatik untuk anak-anak. Di tempat ini, Anda bisa mendampingi Si Kecil membatik. Ia akan merasakan keseruan membuat pola, menggunakan canting, hingga menjemur kain batik hasil buatan tangannya sendiri. Motif yang akan dibatik pun bebas dipilih dan disesuaikan dengan minat Si Kecil, misalnya hewan, boneka, atau masih banyak lainnya.

 

Museum PP-IPTEK

Ilmu pengetahuan dan teknologi bisa jadi sesuatu yang seru dan mengasyikkan bagi Si Kecil. Nah, tempat ini bisa menjadi salah satu alternatif liburan yang memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi anak. Berisi sekitar 300 alat peraga, Anda dan Si Kecil akan diajak menjelajahi iptek dengan metode pembelajaran discovery learning, yakni mencari sendiri pengetahuan yang dibutuhkan dengan cara berinteraksi, bermain sambil belajar dengan alat peraga. Alat peraga yang dapat dimainkan oleh anak-anak antara lain adalah alat peraga bunyi, alat peraga telekomunikasi, alat peraga transportasi, dan istana cahaya. Kedengarannya sangat menarik, kan?


Baca Juga: 4 Taman Hiburan Seru untuk Liburan Anda dan Si Kecil

 

Alive Museum

Alive Museum Ancol menampilkan wahana ilusi dari lukisan, media digital, dan karya seni. Dihadirkan dengan berbagai keunikan yang membuat 5 panca indera ikut serta dalam media ilusi yang imaginatif. Tidak hanya untuk anak berbagai zona menarik yang ada membuat pengunjung tidak bosan untuk mengambil foto bersama teman, saudara, dan keluarga. Si Kecil pasti suka jika Anda mengajaknya ke sini, Moms! (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: jakarta,   anak,   liburan keluarga,   museum di jakarta










Cover Mei-Juni-Juli 2020