Mother&Baby Indonesia
Tentang Jakarta yang Anak Perlu Kenal

Tentang Jakarta yang Anak Perlu Kenal

Hari ini, 22 Juni, merupakan ulang tahun Kota Jakarta. Nah, tahun ini, Jakarta berulang tahun yang ke-491. Yuk, ajak anak lebih mengenal Kota Jakarta, Moms dan Dads. Apa saja yang bisa Anda beri tahu mengenai Jakarta pada Si Kecil?

 

Ibu Kota Negara



Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia. Selain itu, Jakarta merupakan kota terbesar di Indonesia. Ada banyak tempat wisata menarik di Jakarta. Sarana transportasinya pun cukup lengkap untuk sebuah kota metropolitan. Anda bisa ajak Si Kecil berkeliling Kota Jakarta naik bus Transjakarta, naik bus wisata bertingkat, atau beraktivitas dan berolahraga saat car free day di kawasan Bundaran Hotel Indonesia.

 

Monumen Nasional

Jika selama ini Si Kecil baru melihat Monas lewat gambar, di layar kaca, atau dari kejauhan, sekarang kenapa Anda tidak ajak Si Kecil untuk mengunjungi dan melihat secara langsung monumen ini? Jangan lupa untuk mengajaknya naik ke bagian atas Monas menggunakan lift. Di tempat ini, Si Kecil pasti sangat senang bisa melihat-lihat pemandangan Kota Jakarta dengan gedung-gedungnya dari ketinggian. Di sekitar Monas pun ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan bersama anak, seperti bermain di rerumputan, naik delman, atau mencoba berbagai makanan khas Jakarta yang dijual di sana.

 

Ondel-Ondel

Ondel-ondel merupakan bentuk kesenian rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat. Ondel-ondel berbentuk sepasang boneka raksasa laki-laki dan perempuan. Saat ini, kita kerap menyaksikan ondel-ondel di jalanan dengan diiringi lagu dan musik khas Betawi. Karena ukurannya yang besar, banyak anak yang masih takut dengan boneka ondel-ondel ini. Namun, jika Anda dan anak melihat ondel-ondel, ajak Si Kecil untuk mendekatinya. Katakan untuk tidak perlu takut karena ini hanya sebuah boneka besar dengan orang di dalamnya. Minta ia menyentuh ondel-ondel dan bahkan berfoto bersama. Anda juga bisa membelikan Si Kecil topeng ondel-ondel atau boneka ondel-ondel mini untuk mainannya. Jadi balita Anda bisa bermain sekaligus mengenal salah satu kesenian lokal Jakarta, Moms dan Dads.

 



Pantai Ancol

Taman Impian Jaya Ancol merupakan destinasi wisata di Jakarta Utara. Tempat ini memiliki sejumlah objek wisata seperti Taman dan Pantai Ancol, Dunia Fantasi, Gelanggang Samudra, dan Kereta Gantung. Nah, salah satu yang ramai dikunjungi banyak orang adalah Pantai Ancol. Ajak Si Kecil ke pantai ini, Moms. Di tempat ini, Si Kecil bisa bermain pasir dan air laut. Tak hanya itu, Anda juga bisa berwisata kuliner di tempat tersebut dan naik sepeda atau jalan-jalan sore sambil menikmati sunset. Setelah Si Kecil puas bermain pasir dan air laut, jangan lupa untuk membilas tubuhnya hingga bersih ya, Moms dan Dads.

 

Kerak Telor

Kerak telor adalah salah satu kuliner khas Jakarta. Biasanya, makanan khas Betawi ini banyak bermunculan saat Jakarta merayakan ulang tahunnya dan banyak dijajakan di tempat wisata di Jakarta atau ketika acara Pekan Raya Jakarta (PRJ) berlangsung. Nah, ajak anak mencicipi makanan khas ini. Pastikan juga ia melihat proses pembuatan kerak telor yang unik ini. Rasanya yang gurih dan baunya yang harum saat dimasak akan membuat Si Kecil berminat mencicipinya. Lihat, dan jika perlu rekam, reaksi Si Kecil saat ia mencicipi kerak telor tersebut untuk pertama kalinya. Foto juga ia saat makan kerak telor, setelah itu Anda bisa posting di media sosial Anda tentang pengalaman anak makan kerak telor ini, Moms. Seru banget, kan?

 

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Tempat satu ini sudah tentu sangat seru untuk dikunjungi sambil membawa Si Kecil. Di sini, Si Kecil bisa mengenal berbagai macam budaya Nusantara. Selain taman dan replika rumah daerah dari berbagai provinsi di Indonesia, TMII juga memiliki banyak museum dan wahana rekreasi keluarga yang menarik. Ada SnowBay Water Park, Kereta Gantung, dan Monorel Titihan Samirono. Selain itu, Si Kecil juga bisa mengunjungi Istana Anak-Anak Indonesia, Teater 4D'Motion, Teater Imax Keong Mas. Si Kecil juga bisa menikmati naik kereta mini, perahu angsa, atau mobil wisata. Pokoknya, seharian berada di tempat wisata ini, Si Kecil tidak akan pernah merasa bosan dan minta pulang, karena banyak yang bisa ia nikmati dan coba di tempat ini, Moms. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: jakarta,   ulang tahun jakarta










Cover Mei-Juni-Juli 2020