Mother&Baby Indonesia
Tanya Jawab Seputar Gizi Ibu Hamil

Tanya Jawab Seputar Gizi Ibu Hamil

Sejak masih dalam kandungan, tumbuh kembang Si Kecil sebenarnya sudah dimulai. Karena itu, penting bagi Anda untuk memahami kebutuhan gizi yang harus dipenuhi pada masa kehamilan. Selain mendukung tumbuh kembang Si Kecil, pemenuhan gizi saat hamil juga memberi banyak bermanfaat bagi tubuh Anda, Moms. Nah, untuk menambah pengetahuan seputar gizi selama kehamilan, Moms bisa simak hasil perbincangan Tim Mother&Baby Indonesia bersama dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GKdari RS Medistra & Klinik CBC Wijaya saat MB InstaLive dan FBLive beberapa waktu lalu dengan tema “Gizi Ibu Hamil”.

 

T: Bagaimana menyiasati kebutuhan gizi untuk ibu hamil?



J: Saat hamil, Anda sebaiknya tambahkan kebutuhan gizi sebanyak 300 kalori dibandingkan saat sebelum hamil. Ini sebenarnya tidak sulit. Moms hanya perlu mencukupi kebutuhan gizi sama seperti saat tidak hamil, lalu ditambah, misalnya dengan 2 gelas susu setiap hari, itu sudah cukup. Jadi porsi kebutuhan gizi ibu hamil sama seperti orang tidak hamil, hanya perlu ditambahkan dengan 2 gelas susu. Meskipun begitu, kadang-kadang kebutuhan proteinnya berbeda. Jadi semua itu perlu kita hitung masing-masing, karena kondisi awal wanita hamil juga berbeda-beda, ada yang hamilnya kurang gizi, ada juga yang punya masalah kegemukan. Nah, Semua itu perlu kita hitung, berapa banyak kalori yang dibutuhkan. Belum tentu sama untuk semua orang, tapi secara umum, dari kebutuhan harian Anda, saat hamil tambahkan sebanyak kurang lebih 300 kalori. Sebaiknya juga Anda juga konsultasikan dengan dokter ahli gizi untuk tahu kebutuhan gizi Anda. Ini sangat penting, karena masa awal kehamilan adalah masa pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Jangan sampai hal ini terlewat hanya karena kita tidak nafsu makan akibat mengalami mual dan muntah.

 

T: Apa perbedaan kebutuhan gizi ibu hamil di trimester 1, 2, dan 3?

J: Untuk trimester 1 kebutuhan gizi ibu hamil hanya menambah sekitar 180 kalori, dan trimester 2 dan 3 menambah sekitar 300 kalori. Kebutuhan gizi di trimester 1 memang tidak sebanyak kebutuhan di trimester 2 dan 3, tapi tetap perlu dilebihkan dibandingkan kebutuhan gizi kita saat belum hamil.

 

T: Kandungan zat apa saja yang wajib ada dalam makanan ibu hamil?

J: Untuk kandungan zatnya, semua jenis zat dan makanan, mulai dari awal kehamilan hingga akhir kehamilan menjelang persalinan, semua harus lengkap ada, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, sayur, buah, itu tetap dibutuhkan, hanya jumlahnya yang berbeda. Semakin bertambah usia kehamilan, maka dibutuhkan semakin banyak asupan gizinya untuk perkembangan janin yang optimal. Untuk menghindari kenaikan berat badan saat hamil yang berlebih, Moms juga perlu menghindari makanan yang manis-manis dan banyak mengandung gula. Saat mengonsumsi karbohidrat, sebaiknya juga pilih karbohidrat kompleks, seperti nasi merah yang juga mengandung serat dan vitamin, kemudian gandum atau havermut. Sebaiknya juga Moms mengonsumsi macam-macam sayuran dan buah yang bervariasi setiap hari untuk mendapatkan semua sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan.

 



T: Saat hamil trimester 1, saya tidak bisa makan nasi karena selalu mual dan muntah setiap habis makan. Bagaimana mengatasinya?

J: Kita sering salah mengartikan jika tidak makan nasi, berarti tidak makan karbohidrat sedangkan karbohidrat termasuk yang diperlukan tubuh. Padahal, kalau Moms tidak bisa makan nasi, bisa ganti dengan sumber karbohidrat yang lain seperti roti, kentang, atau mi.

 

T: Bagaimana cara memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil yang vegetarian?

J: Kalau vegetarian hanya karena sekadar mengikuti tren, saran saya sebaiknya jangan murni vegetarian. Anda tetap perlu mengonsumsi makanan hewani, seperti susu atau telur untuk membantu memaksimalkan kebutuhan protein serta vitamin B12 untuk metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan vitamin B12 terdapat di sumber makanan hewani. Tapi kalau kondisi vegetarian karena kepercayaan yang dianut atau sudah menjadi pilihan hidup, maka sumber untuk vitamin B12 itu bisa Anda ambil dari konsumsi suplemen. Untuk hal ini Anda bisa konsultasikan ke dokter mengenai penggunaan suplemen tersebut.

 

T: Bagaimana pemenuhan kebutuhan gizi untuk ibu hamil yang kelebihan berat badan sehingga dianjurkan diet oleh dokter kandungan karena mengalami pregobesitas?

J: Pemenuhan gizi tetap harus lengkap, hanya mungkin jumlah karbohidratnya dikurangi. Anda juga harus menghindari makanan yang digoreng, kue-kue, makanan dan minuman yang mengandung gula. Sedangkan protein, sayur dan buah tetap perlu kita konsumsi. Asupan gizi tetap harus lengkap, hanya beberapa komponen dikurangi atau dalam jumlah sedikit. (Susanto Wibowo/Dok. Pribadi)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   gizi










Cover April 2020