Mother&Baby Indonesia
Hamil Tanpa Gangguan Saat Lebaran

Hamil Tanpa Gangguan Saat Lebaran

Meskipun sedang hamil, saat silaturahmi, Moms tetap bisa tampil sehat berseri. Yang penting, perhatikan rambu-rambunya agar kondisi Anda dan janin tetap prima. Nah, ini yang sebaiknya Anda perhatikan ya, Moms.

 

Batasi Kunjungan Silaturahmi

Jika biasanya Anda sibuk bersilaturahmi ke banyak tempat, kali ini Anda perlu membuat prioritas. Cukup datang silaturahmi ke satu lokasi yang merupakan tempat berkumpul seluruh keluarga dan kerabat. Atau dua rumah yang jaraknya cukup dekat. Saat berkunjung jangan terlalu aktif, selesai silaturahmi segera pulang untuk istirahat.



 

Beda Kondisi Beda Solusi

Trimester pertama. Keluhan yang paling banyak diderita oleh ibu hamil saat ini adalah mual dan muntah. Agar terhindar dari rasa yang tak enak ini, Anda sebaiknya:

  • Makan sedikit tapi sering, serta hindari makanan berlemak dan beraroma tajam atau menyengat.
  • Jangan biarkan perut kosong. Isi perut sebelum Anda mulai pergi silaturahmi.
  • Banyak minum untuk mengganti cairan yang keluar saat muntah.

Trimester kedua. Umumnya keluhan selama ini yang Anda rasakan sudah mulai hilang. Jika dokter menyatakan kehamilan Moms sehat, Anda bisa mempertimbangkan ikut mudik. Namun tetap saja Anda harus memperhitungkan stamina tubuh agar tidak terlalu lelah.

Trimester ketiga. Karena perut sudah semakin besar, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, batasi kunjungan ke tempat-tempat yang dekat saja. Sebaiknya Moms perbanyak istirahat.

 



Istirahat

Istirahat wajib hukumnya bagi ibu hamil. Jangan sampai kelelahan, karena dapat menyebabkan penimbunan asam laktat di otot. Akibatnya, terjadi pelepasan hormon prostaglandin yang menyebabkan kontraksi.

 

Pilih yang aman dan sehat

Idul Fitri identik dengan makanan bersantan nan lezat, seperti opor ayam, rendang, dan sebagainya. Belum lagi aneka kue manis dan berlemak. Padahal, santan kurang baik untuk ibu hamil karena bisa mengakibatkan iritasi lambung.

Hindari pula makanan yang banyak mengandung gula serta lemak, karena akan membuat mual dan muntah, serta menambah berat badan yang berlebihan. Jika demi sopan santun, Anda 'terpaksa' makan, coba cara ini:

  • Cicipi sedikit saja, sehingga tuan rumah tetap merasa dihormati. Ambil opor ayam sedikit, pilih bagian daging yang tidak berlemak.
  • Ambil 2 atau 3 jenis kue kering, masing-masing satu buah. Dengan cara ini asupan kalori Anda lebih terkendali.
  • Pilih buah-buahan dan menu sayuran segar, seperti gado-gado, salad sayur dan buah. Selain segar, buat Anda yang hamil, menu ini bisa menghilangkan mual.
  • Pilih minum air putih daripada sirup atau minuman bersoda.

 

Make up

  • Pilih kosmetik yang aman dan sesuai dengan jenis kulit, karena saat hamil kulit Moms jadi lebih sensitif.
  • Cukup bubuhkan make-up tipis agar wajah Anda kelihatan segar.
  • Semprotkan parfum seperlunya, apalagi jika penciuman Anda kini jadi lebih sensitif.

 

Busana

  • Karena ibu hamil cenderung lebih banyak berkeringat, kenakan pakaian dari bahan katun.
  • Pilih sepatu atau selop bertumit rendah, agar Anda tidak gampang terjatuh ataupun kelelahan bila perut Anda sudah semakin besar. (Susanto Wibowo/MA/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   lebaran








Cover Januari - Februari 2020