Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 13 Juni 2018 / Redaksi

Ibu Hamil Bisa Tetap Mudik Aman Dan Nyaman, Kok!

Menjelang hari raya Idul Fitri, banyak keluarga yang akan kembali ke kampung halaman untuk merayakannya bersama keluarga. Namun, saat Moms sedang hamil, melakukan mudik akan memerlukan persiapan ekstra.

 

Ada baiknya Anda memeriksakan kesehatan diri dan kandungan terlebih dahulu kepada dokter kandungan. Jika kondisi memungkinkan, beberapa tips berikut ini bisa Anda lakukan agar dapat merasa nyaman selama perjalanan.

 

Memilih kendaraan

Dalam kondisi hamil, transportasi sangat penting diperhatikan dalam melakukan perjalanan jauh. Sebagai saran, menggunakan pesawat merupakan pilihan yang baik karena tekanan udara dan prosedur keamanannya cukup mumpuni untuk ibu hamil.

Transportasi darat lain seperti kereta api atau mobil/bus juga terbilang cukup aman, kecuali Anda mengalami kondisi mual yang cukup parah. Sebaiknya, hindari penggunaan kapal laut, karena umumnya kondisi dalam kabin kurang higienis dan Anda lebih rentan dehidrasi.

 

Membawa medical record

Saat hendak pergi, jangan lupa membawa buku kehamilan atau rekam medis kehamilan Anda. Mulai dari tes darah, foto USG, dan kelengkapan lainnya. Hal ini penting karena dapat membantu saat Anda harus berkonsultasi ke rumah sakit ketika berada di kampung halaman.

 

Minta bantuan

Ketika di perjalanan, ada saja kondisi saat Anda merasa lelah dan tidak kuat berjalan. Anda bisa meminta bantuan ke petugas di bandara atau stasiun untuk memberikan kursi roda. Jika Anda terpaksa mudik seorang diri, jangan bawa koper ke dalam kabin pesawat karena Anda akan kesulitan saat menaikkan dan menurunkannya.

 

Nyaman berpakaian

Kenyamanan menjadi kunci utama bagi bumil. Maka, Anda bisa mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman saat perjalanan mudik. Pastikan juga untuk menggunakan atasan dan bawahan yang mudah dilepas sehingga Anda tidak kerepotan saat sering ke kamar mandi.

 

Bawa camilan

Anda tentu akan direkomendasikan untuk membawa camilan sendiri agar menghindari rasa lapar dalam perjalanan. Anda bisa membawanya dari rumah atau membelinya di bandara, stasiun, atau pasar swalayan terdekat.

 

Buat Tubuh Terhidrasi

Salah satu cara agar kondisi tubuh bumil tetap prima adalah dengan minum banyak air mineral. Khususnya jika Anda menggunakan pesawat terbang, jangan ragu untuk meminta air mineral kepada pramugari. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM





RELATED ARTICLE

5 Tips Mudik Aman Untuk Bumil

Bumil, Perhatikan Ini Jika Ingin Mudik

Mau Menentukan Jenis Kelamin Anak? Ini Caranya



OTHER ARTICLES

Tips Memilih dan Memasang Car Seat untuk Balita

Asah Kemampuan Berpikir Si Kecil dengan Cara Ini, Moms!

Cara Sembuh dari Trauma Persalinan

Kondisi Kesehatan bisa Dilihat dari Kuku

Waktu yang Tepat untuk Mengejan saat Melahirkan