Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 11 Juni 2018 / Redaksi

5 Tips Mudik Aman Untuk Bumil

Moms, sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri akan tiba. Tentunya banyak dari Anda dan bumil lainnya yang akan melakukan perjalanan ke kampung halaman. Karena perjalanan yang panjang, maka sangat penting untuk para bumil menjaga kesehatan diri dan kandungannya. Untuk itu, perlu persiapan yang matang agar perjalanan mudik Anda tetap menyenangkan dan aman. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

 

1. Pilihlah moda transportasi yang nyaman

Hal penting yang perlu bumil perhatikan sebelum mudik adalah memilih moda transportasi yang akan digunakan. Jika menggunakan transportasi umum, seperti bus, kereta, dan pesawat, maka pilihlah kelas eksekutif atau bisnis dengan posisi duduk yang nyaman untuk Anda.

Jangan lupa untuk mengecek ketersediaan toilet dalam kendaraan tersebut. Untuk kereta dan pesawat tentu menyediakan toilet, namun tak semua bus memiliki toilet. Hal ini sangat penting karena ibu hamil umumnya sering ke toilet.

Menggunakan kendaraan mobil juga cukup aman, tetapi usahakan untuk selalu sempatkan beristirahat saat perjalanan. Penting juga agar sebaiknya Anda menghindari penggunaan kapal laut, karena umumnya kondisinya kurang higienis dan Anda akan lebih rentan mengalami dehidrasi.

 

2. Periksakan kandungan ke dokter

Sebelum melakukan perjalanan mudik, Moms sangat perlu memeriksakan kondisi kandungan ke dokter. Jika dokter menyatakan kandungan sehat dan boleh bepergian, maka mintalah surat yang menyatakan kehamilan Anda sehat.

Hal ini perlu dilakukan sebab terdapat peraturan di mana pihak penyedia layanan transportsi akan meminta surat keterangan tersebut. Untuk kereta, PT KAI terutama di Daerah Operasi I Jakarta, membolehkan ibu dengan kehamilan rentang usia 14-28 minggu untuk naik kereta. Sedangkan, di luar usia itu wajib melampirkan surat dokter.

 

3. Siapkan mental dan fisik

Saat hamil, perjalanan mudik akan terasa lebih melelahkan, dengan mood yang mudah berubah dan rasa tidak nyaman yang timbul. Maka, sebagai bumil, Moms harus menyiapkan diri dengan baik. Sebelum berangkat, pastikan Anda memiliki istirahat cukup dan makan teratur dengan nutrisi tercukupi. Dalam perjalanan, Anda juga bisa membawa sesuatu yang bisa membuat Anda nyaman selama perjalanan, seperti camilan, bantal, dan sebagainya.

 

4. Tidak mudik sendirian

Karena Moms sedang hamil, penting agar setiap perjalanan yang dilakukan harus ditemani suami atau anggota keluarga lainnya. Hal ini untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama di perjalanan. Anda dan keluarga di kampung halaman juga akan merasa lebih tenang.

 

5. Hindari membawa terlalu banyak barang

Saat mudik, Moms tidak perlu membawa barang terlalu banyak. Hal ini akan terasa merepotkan, terutama jika Anda menggunakan moda transportasi umum. Mintalah bantuan jasa porter untuk membantu membawa barang saat tiba di tempat tujuan, karena Anda harus menghindari mengangkat beban yang berat yang bisa membahayakan kandungan. (Vonia Lucky/MA/Dok. Freepik)

share to BBM





RELATED ARTICLE

Bumil, Perhatikan Ini Jika Ingin Mudik

Mau Menentukan Jenis Kelamin Anak? Ini Caranya

Waspada Kondisi Heartburn Saat Hamil



OTHER ARTICLES

Tips Memilih dan Memasang Car Seat untuk Balita

Asah Kemampuan Berpikir Si Kecil dengan Cara Ini, Moms!

Cara Sembuh dari Trauma Persalinan

Kondisi Kesehatan bisa Dilihat dari Kuku

Waktu yang Tepat untuk Mengejan saat Melahirkan