Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 9 Juni 2018 / Redaksi

Tips Menormalkan Posisi Sungsang

Kehamilan sungsang atau posisi sungsang adalah posisi di mana bayi di dalam rahim berada dengan posisi kepala di atas, dan kaki atau pantatnya berada di dekat jalan lahir. Jadi, ketika persalinan normal, pantat atau kaki Si Bayi akan keluar lebih dulu dibandingkan kepalanya.

 

Kehamilan sungsang dapat didiagnosis dengan bantuan USG. Pada kehamilan 28 minggu, bayi memang bisa berisiko berada dalam posisi sungsang. Namun, risiko tersebut bisa menurun seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, mendekati 40 minggu. Sebenarnya, ada tips sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengubah posisi bayi yang sungsang, seperti berikut ini:

 

1. Lakukan posisi sujud dengan kaki sejajar pinggul dan dada sejajar lutut selama 10-15 menit sebanyak 3 kali dalam sehari.

2. Berbaringlah telentang dan ganjal panggul dengan bantal. Lalu miringkan tubuh ke kiri/kanan selama 10-15 menit. Lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Berikan pijatan ringan pada perut Anda. Letakkan tangan kiri di bagian bawah perut dan tangan kanan di bagian atas. Geser tangan Anda searah jarum jam. Lakukan pijatan ini selama 10 menit, 3-5 kali dalam sehari

4. Saat tidur, usahakan posisi tubuh miring ke kiri

5. Lakukan olahraga renang secara rutin untuk membuat tubuh dan panggul Anda relaks. (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM





RELATED ARTICLE

Amankah Ibu Hamil Minum Obat Tidur?

Bumil, Perhatikan Ini Jika Ingin Mudik

Tips Jaga Kualitas Tidur Ibu Hamil Berpuasa



OTHER ARTICLES

Tips Memilih dan Memasang Car Seat untuk Balita

Asah Kemampuan Berpikir Si Kecil dengan Cara Ini, Moms!

Cara Sembuh dari Trauma Persalinan

Kondisi Kesehatan bisa Dilihat dari Kuku

Waktu yang Tepat untuk Mengejan saat Melahirkan