Mother&Baby Indonesia
Amankah Ibu Hamil Minum Obat Tidur?

Amankah Ibu Hamil Minum Obat Tidur?

Wanita yang sedang hamil disarankan untuk tidur minimal 8 jam sehari supaya badan tetap fit dan tidak mudah lelah. Namun, ibu hamil sering mengalami masalah sulit tidur malam. Akibatnya, Anda akan bangun dalam kondisi tidak segar dan lemas di pagi harinya yang bisa berdampak mengganggu aktivitas Anda. Menghadapi hal ini, mungkin Anda sempat berpikir untuk mengonsumsi obat tidur selama hamil

 

Menurut dr. Ardiansjah Dara, Sp.OG, M.Kes., salah satu penyebabnya adalah semakin besarnya janin di dalam rahim yang membuat ibu hamil sulit mencari posisi tidur yang nyaman. Untuk mengatasi hal ini, apakah aman bila ibu hamil mengonsumsi obat tidur?



 

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi obat tidur selama kehamilan dapat memicu risiko bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan bisa menimbulkan gangguan pernapasan..

 



Dr. Ardiansjah Dara menyarankan sebaiknya ibu hamil menghindari penggunaan obat tidur. Ada beberapa cara yang lebih aman untuk mengatasi masalah ini, seperti mengatur posisi tidur. Anda bisa tidur miring ke kiri dengan menekuk lutut, tidur sedikit bersandar dengan menumpuk beberapa bantal, atau meletakkan bantal di bawah lutut.

 

Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, Anda juga bisa minum segelas susu hangat dan mendengarkan musik lembut. Hal ini bisa membantu Anda lebih mudah untuk tidur nyenyak. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   obat tidur








Cover Januari - Februari 2020