Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 3 Juni 2018 / Redaksi

Pentingnya Asupan Makanan Untuk Kesehatan Bumil

Kenaikan berat badan yang ideal selama hamil, sangatlah penting. Hal ini dapat menghindarkan Anda dan janin dari beragam gangguan kesehatan. Karenanya, perhatikan asupan Anda selama hamil. Pastikan kalori yang dikonsumsi tidak melebihi jumlah kebutuhan sehari-hari.

 

Jumlah Asupan Yang Dibutuhkan



Sebenarnya, kalori yang dibutuhkan ibu hamil sangat bervariasi. Hal ini dipengaruhi oleh tingkat metabolisme, lemak tubuh, dan tingkat aktivitas fisik. Di Inggris, ibu hamil direkomendasikan untuk menambahkan 200 kkal per hari selama trimester ke-3 saja.

 

Berbeda dengan di Amerika Serikat, The American Dietetic Association menyarankan ibu hamil menambahkan asupan kalori selama timester ke-2 dan ke-3 kehamilan menjadi sekitar 300 kkal per hari. Ingat, jumlah ini hampir setara dengan 1 burger berukuran reguler.

 

Pilih dengan baik makanan dan camilan Anda. Selain zat gizi makro, seperti karbohidrat, protein, dan lemak, perhatikan pula zat gizi mikro. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Moms bisa minum segelas jus jeruk dengan semangkuk sereal (yang mengandung zat besi). Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi kacang panggang (yang mengandung zat besi) dengan kentang panggang (sumber vitamin C).

 

Vitamin D juga dibutuhkan untuk menyerap kalsium demi kesehatan tulang dan gigi. Pilih karbohidrat kompleks yang lebih menyehatkan, seperti gandum dan nasi merah. Dan pastikan Anda hanya mengonsumsi lemak yang sehat.



 

Perubahan Saat Hamil

Jika Anda sudah menerapkan pola makan sehat, kenaikan berat badan pun terkontrol dengan baik. jika sebelum hamil Anda bertubuh gemuk, kenaikan berat yang dianjurkan selama hamil adalah 6-8 kg. Dan untuk ibu yang bertubuh ideal sebelum hamil, kenaikan berat badan yang tepat adalah sekitar 12 kg.

 

Suplemen juga merupukan hal yang perlu diperhatikan selama hamil. Di Inggris, suplemen biasanya disarankan jika dianggap perlu untuk ibu hamil. Namun, bumil tetap harus mengonsumsi banyak makanan kaya zat besi, seperti daging merah tanpa lemak, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau gelap, dan sereal.

 

Suplemen yang direkomendasikan adalah asam folat (400mg/hari), terutama ada trimester awal untuk mencegah terjadinya cacat pada tabung saraf bayi. Jadi, Moms sudah bisa mulai mengonsumsi makan seperti yang dianjurkan di atas agar kondisi Anda dan janin sehat sampai saatnya dilahirkan. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Bebas Sembelit Saat Hamil

Ketahui Tujuh Penyebab Terjadinya Keguguran

Anakku Laki-laki atau Perempuan, Ya?

OTHER ARTICLES

Optimalkan Perkembangan Anak dengan Mainan Musik

Apakah Tendangan dan Gerakan Janin Pertanda Ia Sehat?

Efek Pola Asuh Moms terhadap Jagoan Ciliknya

6 Ketakutan yang Ibu Rasakan Menjelang Persalinan

Bayi Pertama di Amerika Lahir dari Transplantasi Rahim