Home - Nutrisi - Diet / 28 Juni 2018 / Redaksi

Diet Bebas Gluten

Si Kecil gemar melahap aneka makanan? Boleh-boleh saja, namun pastikan, jenis makanan yang dikonsumsinya tak mengandung gluten, apalagi jika ia mengidap penyakit autis.

 

Menurut sejumlah peneliti di Inggris dan Amerika Serikat, diet bebas gluten dapat membantu anak-anak pengidap autis. Penanganan autisme dengan pengaturan pola makan memperlihatkan hasil yang cukup signifikan. Sekitar 66 persen pengidap autis menunjukkan perbaikan setelah mereka selektif mengasup makanan yang bebas gluten dan kasein. Hasil penelitian tersebut menunjukkan, zat opiat dalam gluten dan kasein akan dilepaskan ketika dicerna dengan baik. Sementara, jika kondisi saluran cerna tidak begitu baik, maka opiat dapat masuk ke dalam aliran darah dan dapat mencederai otak.



 



Gluten berasal dari bahasa latin, yaitu "gluten" atau "glue". Ini adalah suatu senyawa protein yang terdiri dari gliadin dan glutenin yang berikatan melalui pati dalam endosperm biji-bijian. Gluten banyak terdapat pada gandum, barley, rye, dan oat. Selain itu, gluten juga terdapat pada bahan-bahan makanan yang diolah dari biji-bijian yang mengandung gluten. Nah, karenanya hindari menyajikan makanan kesukaan Si Kecil dengan bahan-bahan tersebut. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Selektif Memilih Makanan dan Minuman

Makanan Sehat Dan Aman Untuk Penderita Maag

Minuman Untuk Sukses Diet Anda

OTHER ARTICLES

Yuk, Kenali Tahapan Perkembangan Emosi Anak, Moms!

Apa yang Harus Dilakukan saat ASI Tak Keluar?

Milia, Bintik Putih pada Wajah Bayi, Bahaya atau Tidak?

Mengenal Seluk-Beluk Surrogate Mother

Waspadai 5 Penyakit yang Sering Menyerang Anak Sekolah