Mother&Baby Indonesia
Trik Menangani Anak Terluka

Trik Menangani Anak Terluka

Saat balita sudah aktif bergerak, walaupun Anda menjaganya dengan sangat hati-hati, tetap saja ada kemungkinan ia terluka saat bermain atau berlari-larian. Berikut ini hal yang perlu Anda lakukan jika Si Kecil terluka:

 

1. Pertama-tama, bersihkan luka dengan air mengalir atau jika perlu bersihkan dengan sabun.



 

2. JIka hanya luka lecet, setelah dibersihkan dengan air, beri antiseptik. Supaya cepat kering, sebaiknya luka tidak usah ditutup dengan plester.

 

3. Untuk luka yang cukup dalam, perhatikan apakah ada benda asing yang tertinggal di dalam luka. Jika memang ada, keluarkan benda asing tadi dengan menekan sisi kanan dan kiri luka ke arah permukaan kulit atau dengan pinset yang sudah disterilisasi dengan cairan alkohol. Setelah itu, berikan antiseptik pada luka dan tutup dengan kain kasa.



 

4. Hentikan pendarahan pada luka dengan cara menekan langsung luka dengan tangan , dan kompres dengan air dingin untuk mengurangi bengkak.

 

5. Bila luka masih berdarah walaupun sudah ditekan dengan kain lebih dari 10 menit dan luka cukup dalam, segera bawa Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   terluka