Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 12 Juni 2018 / Redaksi

Bekal Mudik Untuk Ibu Menyusui

Kadang, perjalanan selama mudik bisa jadi sangat merepotkan buat ibu menyusui, karena harus menyusui Si Kecil. Namun dengan perbekalan yang lengkap, mudik tidak lagi jadi masalah Moms untuk bisa tetap menyusui. Ini dia perlengkapan yang sebaiknya Anda bawa, Moms.

 

1. Apron membuat Anda percaya diri saat harus menyusui kapan pun dan di mana pun. Alat bantu ini akan menutupi seluruh payudara dan bayi dengan aman saat asyik menyusu. Ini cara memilih apron yang tepat:

- Pilihlah ukuran yang pas sesuai tubuh dan terbuat dari bahan katun agar tidak panas. Pilih bagian atas yang bisa membuat bayi tetap mendapat sirkulasi udara dan melihat wajah Anda serta dilengkapi dengan kantung kecil  guna menyimpan lap atau tisu.

- Mudah dikenakan namun tidak gampang terbuka bila angin bertiup.

 

2. Baju menyusui untuk mempermudah Mom membuka bra dan mengeluarkan payudara setiap kali menyusui tanpa harus melepaskan seluruh kancing baju. Pilih baju menyusui yang:

- Ukurannya longgar dari bahan yang tidak terlalu tipis sehingga tidak perlu mengenakan baju rangkap dan mudah menyerap keringat, contohnya dari katun atau kaus.

- Modelnya cukup fashionable sekaligus nyaman dipakai selama perjalanan. Memiliki kancing rahasia yang mudah dibuka dan ditutup kembali, tepat pada letak kedua payudara. Hindari bukaan dengan ritsleting atau kancing berlubang karena tidak praktis untuk dibuka.

 

3. Breast pad untuk menahan ASI agar tidak rembes dan membasahi bra hingga menembus baju saat kedua payudara penuh. Pilih breast pad yang jenisnya sesuai kebutuhan. Ada 2 jenis, yaitu yang sekali pakai (disposable breast pad) serta yang dapat dicuci dan dipakai berkali-kali (washable breast pad). Untuk mudik, sebaiknya pilih yang jenis sekali pakai.

 

4. Bra menyusui agar Anda tidak perlu repot melepas bra dan cukup membuka penutup bagian areola. Bra ini juga dapat menyangga payudara secara maksimal saat penuh ASI. Pilih bra menyusui yang:

- Desainnya memungkinkan Anda membuka hanya dengan satu tangan, terbuat dari bahan lembut seperti katun.

- Memiliki cup yang menutupi seluruh payudara dan penyangga yang cukup kuat, namun tidak dari kawat. Memiliki bukaan yang cukup besar sehingga bayi dapat leluasa mengisap puting dan areola payudara selama menyusu.

 

5. Bantal menyusui untuk mengurangi rasa pegal di tangan karena menyangga kepala bayi selama ia menyusu. Pilih bantal menyusui yang ukurannya sesuai tubuh dengan jenis dan modelnya sesuai kebutuhan. Jika perlu, pilih juga yang dilengkapi mainan bayi yang dapat dilepas dan dipasang sehingga dapat menjadi hiburan bayi selama di perjalanan dan membantu menenangkannya saat menangis.

 

6. Pompa ASI mempermudah Anda memerah ASI selama perjalanan sehingga praktis dan cepat. Pilih pompa ASI yang bertenaga baterai. Siapkan baterai cadangan yang penuh, agar pompa ASI dapat digunakan semaksimal mungkin. Pilih ukuran sedang atau yang kecil agar mudah dikemas.

 

7. Botol dan kotak penyimpan ASI perahan, mempermudah Anda menyiapkan ASI setiap saat. Terutama saat kondisi tidak memungkinan untuk menyusui langsung. ASI perahan yang disimpan di dalam botol khusus, jika disimpan pada suhu ruang 15°C aman dikonsumsi bayi dalam 24 jam dan pada suhu ruang 25°C tahan 4-8 jam. Pilih botol penyimpan ASI yang terbuat dari plastik yang memiliki label garansi food grade bebas BPA dan aman untuk bayi. Penutupnya juga harus benar-benar rapat dan memiliki segel karet yang utuh serta dilengkapi kotak penyimpan yang dirancang sesuai ukuran botol dan memiliki lapisan penyekat yang cukup tebal.

 

8. Air putih membantu menjaga kebersihan tangan dan payudara serta daerah di sekitar mulut bayi, terutama setelah ia selesai menyusu.

 

9. Hand sanitizer membantu menjaga kebersihan tangan dari kuman penyakit, sebelum memegang payudara saat menyusui. Terutama saat agak sulit mendapat air untuk cuci tangan.
Pilih hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol di atas 60% agar ampuh membunuh kuman, tapi jangan yang memiliki kandungan alkohol hampir 100%, karena akan menyebabkan kulit menjadi kering.

 

10. Barang-barang untuk hiburan, sebagai sarana penghibur saat jenuh atau lelah selama perjalanan serta dapat menjadi alat bantu menenangkan bayi yang menangis. Anda bisa membawa:

- Koleksi CD musik favorit dan koleksi lagu-lagu yang menenangkan bayi.

- Koleksi film yang lucu dan ringan yang dapat mengalihkan rasa bosan.

- Aroma terapi favorit yang dapat memulihkan kesegaran tubuh serta membantu menenangkan pikiran. (Susanto Wibowo/MA/Dok. Freepik)






RELATED ARTICLE

Amankah Diet Keto Untuk Ibu Menyusui?



OTHER ARTICLES

Berkah Jelang Lebaran, Audy Item Lahirkan Anak Kedua

Tanya Jawab Seputar Mudik Bersama Bayi dan Balita

Saat Balita Terima Salam Tempel

Rekreasi Kala Lebaran? Perhatikan 4 Tips Ini, Moms!

Kiat Balita Tetap Sehat Saat Libur Lebaran