Mother&Baby Indonesia
Pentingnya ASI Bagi Sendi

Pentingnya ASI Bagi Sendi

Menyusui tidak hanya bermanfaat untuk bayi, tetapi juga bagi ibu. Seperti yang diketahui, menyusui bisa mencegah depresi pascakelahiran dan membuat ibu lebih langsing di kemudian hari. Kini penelitian telah menemukan lagi manfaat lain yang diperoleh jika ibu menyusui sendiri bayinya

 

Sebuah studi mengemukakan bahwa menyusui dapat menjauhkan ibu dari penyakit radang sendi atau yang lebih akrab disebut rematik dan arthritis. Ibu yang memilih untuk menyusui bayi mereka memiliki risiko terserang radang sendi 50 persen lebih rendah dibandingkan dengan ibu yang tidak menyusui.



 

Studi tersebut melibatkan 7.000 wanita dan telah dipublikasikan dalam jurnal Rheumatology. Dalam jurnal itu disebutkan bahwa menyusui, terutama dalam periode lama, dikaitkan dengan rendahnya risiko terkena radang sendi. Semakin panjang periode menyusui, semakin kecil kemungkinan wanita terkena radang sendi.



 

Rematik atau radang sendi adalah kondisi yang menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan pada sendi. Penyakit ini biasanya menyerang bagian tangan, pergelangan tangan, dan kaki. Namun, bagian tubuh yang lain juga bisa terserang. Terkadang rasa sakit yang diakibatkan oleh penyakit ini amat dahsyat hingga menyebabkan seseorang sulit bergerak dan melakukan tugas sehari-hari. Mayoritas penderitanya sendiri adalah wanita. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: asi,   menyusui,   radang sendi








Cover Januari - Februari 2020