Mother&Baby Indonesia
Trik Sukses Berbisnis di Media Sosial

Trik Sukses Berbisnis di Media Sosial

Tanggal 30 Juni merupakan Hari Media Sosial Sedunia. Nah Moms, apakah Anda termasuk pengguna aktif media sosial? Atau bahkan Anda memiliki banyak pengikut di setiap akun media sosial yang dimiliki? Jika ya, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan. Bagaimana caranya? Berikut 5 media sosial yang bisa Anda gunakan secara cerdas dan bijak untuk berbisnis secara daring.

 

Facebook



Facebook merupakan salah satu jejaring sosial terbesar yang ada saat ini dan sudah lama terbentuk. Berdasarkan data dari BBC, jumlah pengguna Facebook di seluruh dunia sudah mencapai lebih dari 1,5 miliar. Dalam berbisnis, Anda bisa menggunakan fitur fanpage untuk menerima fans sebanyak mungkin.

Fitur tersebut memberikan kesempatan pengguna memiliki lebih dari 5.000 teman, tidak seperti akun pribadi Facebook Anda. Perhatikan juga beberapa hal, yaitu jangan beriklan langsung di halaman Anda. Ini akan membuat beberapa orang merasa terganggu dengan iklan yang terlalu sering.

 

Twitter

Dengan pembaruan, pengguna Twitter saat ini bisa menuliskan pesan dengan maksimal 280 karakter. Maka, Anda bisa menggunakannya untuk mempromosikan acara, berita, dan membangun basis pelanggan.

Orang biasanya membuka akun Twitter beberapa jam per minggu untuk membaca, mengirim, dan mencari pesan. Untuk memaksimalkannya, Anda bisa menggunakan hashtag (tagar) atau pilihan pencarian lanjutan untuk menemukan pertanyaan yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Selain itu, pilihlah waktu prime time, seperti pukul 07.00-08.00 dan pukul 19.00-20.00. waktu prime time adalah saat sebagian besar pengguna Twitter membuka akunnya.

 

Youtube



Situs ini memiliki lebih dari 1 miliar pengunjung setiap bulannya. Anda dapat menggunakan situs ini untuk membangun kredibilitas bisnis dengan menampilkan pengetahuan dan keterampilan.

Anda bisa menampilkan beragam tips serta informasi yang berguna dan berkaitan dengan bisnis Anda. Misalnya, memasukkan video tentang cara pemakaian make up untuk mengembangkan bisnis alat kecantikan Anda.

Gunakan kata kunci sebanyak mungkin untuk membuat video Anda populer. Sebaiknya, jangan mengunggah video terlalu lama, lebih dari 3 menit. Fokus pada 1 bahasan saja di setiap video yang dipublikasikan.

 

Instagram

Aplikasi satu ini bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis serta menjual produk melalui gambar, foto, dan video singkat. Pendapatan yang dihasilkan oleh pengikut instagram bisa mencapai 10 kali lebih besar dibandingkan hasil yang didapat dari Twitter.

Anda juga perlu membuat banyak tagar untuk memudahkan pembeli mencari produk Anda. Usahakan untuk selalu memperbarui akun dengan gambar baru atau tema khusus di setiap minggunya.

 

Pinterest

Akun Pinterest yang Anda miliki dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis yang dijalankan. Buatlah papan (dalam Pinterest dikenal dengan 'Create Board') yang menarik dengan persentase berikut ini: 40 persen berisi gambar, foto, atau desain yang menginspirasi, 40 persen instruksi atau edukasi, dan 20 persen mengenai profil produk dan promosi. Pasang tombol ‘Pin It’ di setiap halaman situs Anda. Sebagai tambahan, letakkan tombol ‘Follow Me On Pinterest’ di dalam halaman utama situs bisnis Anda. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: media sosial,   bisnis daring,   bisnis online










Cover April 2020