Mother&Baby Indonesia
5  Kebiasaan Buruk Saat Kerja yang Harus Diubah

5 Kebiasaan Buruk Saat Kerja yang Harus Diubah

Meskipun manusia tidak lepas dari kesalahan, sebaiknya Anda menghindarinya. Terlebih ketika Anda berperilaku di tempat kerja. Terkadang tanpa disadari, Anda telah melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat membuat rekan kerja tidak menyukai kepribadian Anda. Apa saja kebiasaan yang secara tak sadar menyebabkan atasan, serta kolega kurang menyukai Anda? Berikut 5 di antaranya:

 

1. 'Menusuk' dari belakang



Sebaiknya, talenta yang Anda miliki digunakan untuk membantu dan membangun rekan kerja Anda. Bukan justru digunakan untuk saling menjatuhkan. Terlebih jika sikap menjatuhkan tersebut dilakukan secara diam-diam di belakang rekan kerja Anda. Misalnya, dengan membicarakan kesalahan rekan kerja kepada pimpinan. Ketika kebiasaan suka 'menusuk' dari belakang ini diketahui, Anda akan selalu terlihat salah, bahkan dihindari oleh seluruh rekan kerja.

 

2. Mengeluh tentang pekerjaan

Selain menjatuhkan orang lain, mengeluh tentang pekerjaan juga menjadi kebiasaan yang harus dihindari. Selain dapat berdampak negatif pada diri sendiri, sering mengeluh di depan rekan kerja juga bisa menularkan energi negatif. Ingat, tidak sedikit atasan yang berani menggantikan karyawan yang membawa pengaruh buruk pada tim kerjanya. Maka, Anda harus mengubah sikap ini ke arah positif.

 

3. Gosip



kerja kadang bisa membosankan dan cerita-cerita ‘panas’ di luar pekerjaan kadang mengasyikkan serta dapat melepas stres. Tetapi, ingat! Sebaiknya kegiatan bergosip tidak dilakukan di tempat kerja, karena hal tersebut bisa membuat Anda kurang dipercaya atasan. Berkumpul untuk membicarakan kejelekan atau nasib buruk orang lain bisa menyakiti orang yang bersangkutan. Bergosip juga membuat Anda terlihat negatif di lingkungan kerja.

 

4. Sombong

Saat bercerita dengan teman Anda, terkadang secara tidak sadar Anda tengah membanggakan diri sendiri. Kebiasaan ini menjadi salah satu hal yang tidak disukai oleh lingkungan Anda. Terlebih ketika hal yang disombongkan terkait dengan urusan kerja, yang sebenarnya merupakan hasil kerja tim.

 

5. Mengganggu kenyamanan lingkungan

Kebiasaan-kebiasaan tertentu bisa menjadi batu sandungan untuk karier Anda. Misalnya, kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman berbau tajam, tidak menjaga kebersihan diri, dan tidak menjaga ketertiban lingkungan, semua hal tersebut bisa memicu masalah dengan rekan sekerja. Jika aroma tubuh kurang sedap, penampilan berantakan, atau Anda sering membuat lingkungan kerja kotor, tidak usah heran jika teman-teman Anda akan enggan berdekatan. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: pekerjaan,   kebiasaan buruk di tempat kerja








Cover Januari - Februari 2020