Mother&Baby Indonesia
5 Kiat Atur Keuangan Selama Liburan

5 Kiat Atur Keuangan Selama Liburan

Salah satu cara menjaga keuangan keluarga tetap stabil adalah dengan melakukan perencanaan sejak dini. Termasuk urusan liburan, Moms dan Dads perlu membuat rencana yang matang agar tidak overbudget. Sebagai panduan, berikut trik mengatur anggaran agar liburan Anda dan keluarga aman dan nyaman.

 

1. Rencanakan jauh-jauh hari



Merencanakan jadwal dan tujuan liburan dari jauh-jauh hari akan memberikan banyak keuntungan. Tidak hanya memudahkan untuk mendapatkan transportasi dan akomodasi, tapi Moms dan Dads juga bisa mendapatkan harga yang lebih bersahabat.

 

2. Tetapkan anggaran liburan

Dengan menetapkan anggaran liburan, pengeluaran Anda akan lebih terkontrol sehingga tidak akan overbudget. Alokasi anggaran yang paling utama adalah penginapan dan transportasi, baru kemudian anggaran untuk lainnya. Sediakan dana tak terduga sebesar 20 persen dari total anggaran liburan yang ditetapkan.

 

3. Manfaatkan berbagai promosi



Apabila Anda sudah menetapkan jadwal dan tujuan liburan berikut anggarannya, Anda bisa langsung berburu penawaran khusus dari maskapai penerbangan dan hotel. Tentunya dengan fasilitas yang terbaik agar perjalanan tetap aman.

 

4. Cek berbagai alternatif

Bandingkan penawaran menarik dari berbagai aplikasi dan situs perjalanan untuk mendapatkan harga terbaik. Tak hanya itu, Anda juga bisa mencari tempat wisata, lokasi makan, hingga tempat mencari oleh-oleh yang sesuai dengan anggaran.

 

5. Sesuaikan dengan kegiatan

Anggaran yang dikeluarkan selama liburan tergantung dari kegiatan dan destinasi wisata yang akan dituju ketika liburan. Maka, Anda perlu menyiasatinya juga, mulai dari menghitung anggota keluarga yang ikut. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   liburan,   anggaran liburan








Cover Maret 2020