Mother&Baby Indonesia
Ajarkan Anak Mengelola Uang Lebaran, Yuk!

Ajarkan Anak Mengelola Uang Lebaran, Yuk!

Tak hanya orang bekerja, anak-anak juga bisa mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) saat lebaran. Si Kecil biasanya mendapatkan 'amplop' dari om, tante, atau kakek dan neneknya saat berkunjung. Nah, Moms sebenarnya sudah bisa mengajarkan Si Kecil cara mengatur keuangan dari THR yang didapatnya sejak dini.

 

Caranya tentu dengan yang mudah dan sederhana ya, Moms. Berikut beberapa cara mudah dari M&B Indonesia yang bisa Moms terapkan dalam mengajarkan pentingnya keuangan pada Si Kecil:



 

1. Jangan Dihabiskan

Setiap anak akan melihat contoh saat akan bersikap. Inilah yang perlu Moms lakukan agar Si Kecil tidak langsung menghabiskan uang lebaran yang didapatnya. Anda bisa mengajaknya untuk melakukan perencanaan sederhana sebelum berbelanja.

Saat hendak membelanjakan uang tersebut, mintalah Si Kecil untuk membawa uang seperlunya saja, sementara sisanya disimpan sebagai tabungan.

 

2. Simpan Dalam Celengan



Untuk mengajarkan cara menabung, Anda bisa menyediakan toples atau celengan berbentuk binatang yang masih dijual di pasaran. Minta Si Kecil untuk memasukkan uang lebaran yang didapatnya ke dalam celengan tersebut sebagai tahap mengajarkannya cara menabung.

Agar menarik, gunakan tempat menyimpan uang yang ditempeli gambar atau foto tujuan tabungan tersebut. Misalnya, uang yang ditabung akan digunakan untuk membeli mainan favorit Si Kecil.

 

3. Berbagi Kepada Sesama

Sejak dini, Moms juga bisa mengajarkan Si Kecil tentang berbagi kepada sesama. Ajak anak untuk menyisihkan sebagian uang yang didapatkan untuk disumbangkan pada anak lain yang membutuhkan.

Dengan mengajarkan hal tersebut, Si Kecil akan belajar bahwa uang tidak hanya untuk membeli barang. Namun, memiliki rezeki tambahan juga bisa digunakan untuk membantu sesama. (Vonia Lucky/MA/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   anak,   keuangan,   thr