Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini 4 Kunci Agar Tetap Percaya Diri Menjadi Ibu

Moms, Ini 4 Kunci Agar Tetap Percaya Diri Menjadi Ibu

Pasca melahirkan dan menjadi seorang ibu, akan terjadi banyak perubahan dalam diri seorang wanita. Bobot tubuh membesar, payudara tak sekencang dahulu, dan tanggung jawab yang semakin banyak, membuat Moms tidak memiliki waktu banyak untuk mengurus diri sehingga kepercayaan diri mulai hilang. Bagaimana menghadapinya? Ini 4 kunci yang Moms perlu ketahui agar bisa kembali percaya diri.

 

1. Terima perubahan



Kehamilan memang menyebabkan banyak perubahan. Dari perubahan hormon yang luar biasa, peningkatan berat badan yang tak bisa dihindari, stretch marks, kulit menghitam, hingga wajah berjerawat. Belum lagi payudara dan perut yang berubah total bentuknya.

Hal ini pasti membuat Anda jadi kurang percaya diri. Namun ingat, inilah yang harus Anda lalui sebagai seorang ibu. Terimalah perubahan yang terjadi sebagai sebuah proses yang membentuk diri Anda.

 

2. Kenali diri Anda

Agar dapat menerima diri beserta perubahan-perubahan yang terjadi, kenali dengan pasti hal-hal yang penting untuk diri Anda. Jessica Chivers, seorang career coach dan penulis Mother Work! Memiliki tips yang dapat Anda lakukan, yaitu pilihlah 5 sifat yang ingin Anda lihat dari diri sendiri dan apa yang ingin orang lain lihat dari Anda. Misalnya “Saya ingin menjadi ibu yang percaya diri, luwes, punya manajemen waktu yang baik, dan lainnya.” Kemudian, pejamkan mata Anda dan visualisasikan diri melakukan hal-hal yang Anda pilih tersebut. Bayangkan bagaimana cara Anda berjalan, berbicara, dan berperilaku. Hal inilah yang harus Anda lakukan ketika rasa percaya diri mulai menghilang.

“Cara inilah yang dilakukan para atlet untuk memperbaiki performanya. Mereka melakukan visualisasi dan membayangkan diri mereka berdiri di atas podium dan menjadi pemenang,” ujar Jessica.

 



3. Kunci Percaya Diri

Kunci menjadi ibu yang percaya diri adalah mengerti konsep sukses menjalani peran tersebut. Sukses bagi setiap orang berbeda-beda, Anda dapat menentukan konsep ibu sukses versi Anda, misalnya sukses sebagai ibu yang dapat menyeimbangkan pekerjaan dengan keluarga, sukses punya me time setiap minggu, ataupun sukses membuat keluarga Anda tersenyum setiap berinteraksi dengan Anda.

Tuliskan konsep sukses menurut Anda di jurnal harian, ingat, dan jadikan itu sebagai pegangan hidup. Jadilah the best mom you can be, dan maafkanlah diri Anda ketika segala sesuatu tidak berjalan sesuai rencana. Tidak ada ibu yang sempurna di dunia ini, tetapi berusahalah selalu menjadi yang terbaik bagi keluarga.

 

4. Cari Motivasi dan Hindari Pemikiran Negatif

Agar Anda tidak merasa sendirian, dekatkan diri dengan orang-orang yang dapat menjadi inspirasi. Pilih teman, kerabat, atau idola Anda yang sukses di dunia parenting. Cari kesamaan masalah yang Anda dan mereka hadapi, lalu pelajari cara mereka menghadapinya. Maka, Anda dapat termotivasi untuk menjadikan diri Anda sebagai ibu yang lebih baik lagi.

Terkadang, Anda juga sering mendengar ‘suara-suara kecil’ yang lewat di pikiran “kamu bukan ibu yang baik”, dan hal negatif serupa yang timbul. Ini dapat menurunkan rasa percaya diri Anda.

Ketika menghadapi hal ini, katakan kepada diri sendiri bahwa pemikiran negatif ini tidak benar adanya. Daripada memfokuskan diri kepada masalah dan pemikiran negatif, lebih baik ubah cara pikir lebih positif dengan berbincang pada orang lain yang positif juga. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu,   percaya diri










Cover April 2020