Mother&Baby Indonesia
Supaya Si Mbak Kembali ke Rumah Lagi

Supaya Si Mbak Kembali ke Rumah Lagi

Tidak mudah untuk mencari Asisten Rumah Tangga (ART) atau babysitter yang baik buat anak Anda. Apalagi mendapatkan yang cocok, akan jauh lebih susah lagi. Bagi Moms yang bekerja, kehadiran ARTjadi satu hal penting di rumah. Nah, saat Hari Raya Lebaran, kesibukan yang berkaitan dengan Si Mbak ini akan muncul kembali, mulai dari ia akan mudik pulang kampung, mencari ART infal untuk pengganti sementara, kemudian apakah Si Mbak akan kembali atau malah tidak akan balik lagi. Terus, bagaimana caranya agar ART bisa 'dirayu' untuk bekerja dengan Anda kembali? Moms bisa lakukan sejumlah tips berikut ini.

 

Janjikan Kenaikan Gaji



Selain memberikan penghasilan yang sesuai dan pantas, sebaiknya Moms bisa memberikan juga kenaikan gaji pada ART sesuai dengan penilaian, seperti ketika ia rajin bekerja dan piawai mengasuh si kecil. Janji kenaikan gaji ini bisa membuatnya bekerja lebih baik dan giat lagi. Namun, Agar Anda tidak merusak standar kenaikan gaji ART, sebaiknya coba diskusikan hal ini dengan beberapa tetangga Anda. Tetapkan angka yang masuk akal.

 

Jam Kerja

Tidak hanya karyawan kantoran, ART juga memerlukan waktu libur, untuk sekadar jalan-jalan atau belanja di mal bareng kawan-kawannya. Infokan padanya bahwa Anda akan membuat jam kerja baru. yaitu memberikan satu hari libur di akhir pekan. Jika Anda dan keluarga berencana liburan, baik di dalam atau ke luar kota, ada baiknya Anda ajak ia untuk ikut serta.

 

Jaminan Kesehatan

Jarang sekali ART mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan. Perlu Anda ketahui, Asisten rumah tangga juga bisa terkena sakit. Selalu siapkan obatan-obatan dalam kotak P3K. Jangan ragu untuk membawanya ke fasilitas kesehatan jika semakin parah. Karena jika ia sakit, Anda juga yang akan kerepotan dan terkena imbasnya, Moms.



 

Membelikan Tiket Pulang-Pergi

Tak ada salahnya Anda menjanjikan untuk membelikan tiket pulang-pergi buat ART. Hal ini bisa jadi membuatnya bersemangat kembali ke rumah Anda untuk bekerja, karena ia tidak perlu berpikir panjang mengenai biaya perjalanan pulang kampung.

 

Berikan Waktu Cuti

Lebaran merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu dan istimewa. ART biasanya membutuhkan waktu untuk bersama keluarga lebih lama setelah sekian lama tidak bertemu. Tawarkan dengan cuti tambahan 3-4 hari, agar ia juga bisa ikut menikmati momen istimewa lebaran bersama keluarga.

 

Nah, semoga dengan melakukan tips tersebut, ART Anda akan senang dan semangat untuk kembali bekerja pada Anda ya, Moms. (Susanto Wibowo/MA/Dok. Freepik)



Tags: lebaran,   asisten rumah tangga,   mudik










Cover Mei-Juni-Juli 2020