Home - Keluarga - Mums Know Best / 13 Juni 2018 / Redaksi

Ingin ART Kembali Bekerja Setelah Mudik? Ini 5 Triknya

Salah satu masalah yang khas terjadi pasca lebaran adalah Asisten Rumah Tangga (ART) tidak kembali bekerja setelah mudik. Hal ini tentu menjadi situasi yang membingungkan ya, Moms. Meski sudah merasa akrab dengan seluruh anggota keluarga, mungkin saja “Si Mbak” memang tidak betah bekerja dengan Anda atau memang ada keperluan lain di kampung yang harus ia lakukan.

 

Jika Moms tidak ingin hal ini terjadi, M&B Indonesia punya 5 trik yang bisa dilakukan sehingga “Si Mbak” bisa kembali bekerja dengan Anda pasca mudik, sebagai berikut:

 

1. Perlakuan yang baik

Saat Anda dan keluarga memutuskan untuk memiliki ART, buat kesepakatan untuk memperlakukannya dengan baik. Seperti membolehkan mereka ikut makan menu yang sama dengan Anda atau sesekali mengajaknya berwisata.

Namun yang terpenting, Anda tidak memandang rendah statusnya, karena faktanya ia membantu Anda melakukan pekerjaan rumah tangga. Dengan perlakuan yang baik, maka diharapkan ia akan betah dan mau kembali bekerja dengan Anda.

 

2. Bangun kedekatan

Salah satu yang menjadi permasalahan umum adalah komunikasi yang kurang baik antara penghuni rumah dengan ART. Untuk mengatasinya, Anda bisa sering mengajak “Si Mbak” berbincang atau menanyakan masalah yang sedang ia alami. Anda pun bisa membantunya dalam menyelesaikan masalah tersebut sehingga kedekatan bisa terbangun.

 

3. Pemberian THR

Sebagai pekerja, ART tentu berhak mendapatkan THR dengan jumlah satu kali gajinya setiap bulan. Ini juga sesuai dengan yang diberlakukan dalam aturan pemerintah, Moms. Pastikan agar Anda memberikannya tepat waktu. Selain itu, Anda juga bisa memberikan bingkisan atau oleh-oleh jika tersedia dana lebih dan diberikan pada keluarga ART di kampung halamannya.

 

4. Kejujuran ART

Anda bisa menanyakan “Si Mbak” beberapa hal sebelum ia mudik. Seperti berapa lama ia akan mudik dan kapan akan kembali. Mintalah agar ia menjawab dengan jujur untuk pertanyaan Anda. Jika ternyata ia berencana untuk tidak kembali atau tidak menjawab jujur, Anda bisa bersiap untuk mencari penggantinya.

 

5. Jangan memaksa!

ART memang bekerja untuk Anda, namun jangan memaksanya untuk terus bekerja di sana. Jika selama ini Anda dan anggota keluarga lain sudah memperlakukannya dengan baik, memberi gaji tepat waktu juga bonus yang cukup, mungkin “Si Mbak” memiliki alasan pribadi lain sehingga ia tidak kembali. Mungkin memang sudah saatnya Anda mencari ART baru yang lebih baik. (Vonia Lucky/MA/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Trik Stok Makanan Sebelum ART Mudik

Persiapan Sebelum ART Mudik

101 Kutipan Parenting yang Wajib Diketahui (II-Habis)



OTHER ARTICLES

Tips Memilih Botol untuk Buah Hati

Waspada! Picky Eater Bisa Sebabkan Stunting pada Anak

Bayi Ini Bangunkan Ibunya yang Koma selama 23 Hari

Mengajari Anak Cara Menerima Kekalahan

Moms, Ini Perubahan Positif pada Tubuh Usai Melahirkan