Mother&Baby Indonesia
Cermat Memilih Makanan Saat Hamil

Cermat Memilih Makanan Saat Hamil

Sejak hamil, tubuh Anda bekerja untuk 2 nyawa, Anda dan janin. Itu sebabnya, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan.

 

Menurut ahli gizi asal Australia, Dr. Joanna McMillan, para ibu hamil perlu menjaga pola makannya, termasuk asupan bergizi. Namun, mereka perlu berhati-hati, karena beberapa jenis makanan juga bisa menjadi masalah bagi bayi kelak.



 

“Nafsu makan Anda mungkin akan meningkat. Namun, penting bagi Anda memilih makanan yang tepat. Misalnya, cermat memilih asupan gula yang tepat dalam meningkatkan energi ketika Anda merasa lelah,” ungkap Dr. Joanna, seperti dilansir dari Mother&Baby Australia.

 

Kini saatnya Anda memperbaiki pola makan, karena tubuh Anda kini tengah bersiap menghasilkan seorang generasi cerdas. Untuk itu, penuhilah gizi Anda dengan tepat, seperti rekomendasi berikut.

 

1. Karbohidrat

Tubuh Anda membutuhkan energi ekstra selama hamil. Menurut Dr. Joanna, pola makan yang rendah indeks glikemik (IG) dapat mengurangi risiko penyakit pada ibu dan janinnya. Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia dalam suatu pangan. Jadi, pilihlah karbohidrat dengan kadar serat tinggi agar Anda tetap mendapatkan energi yang dibutuhkan. Anda dapat mengonsumsi roti gandum, beras merah, ubi jalar, dan kentang. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

 



2. Protein

Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan calon bayi Anda. Makanan yang kaya protein juga menyediakan mikronutrien penting. Jadi, Anda dapat menambahkan yoghurt, susu, telur, kacang-kacangan, ikan, atau daging tanpa lemak.

 

3. Omega-3

Omega-3 juga merupakan salah satu asupan yang penting untuk kehamilan. Zat gizi ini bisa didapat dari telur, ikan, dan minyak ikan. Anda bisa memilih beberapa jenis ikan yang aman untuk dimakan, seperti salmon, tuna, dan sarden. Peneliti menganjurkan para ibu hamil untuk mengonsumsi menu ikan 2-3 kali dalam seminggu. Namun perlu diingat, Anda harus menghindari konsumsi ikan mentah.

 

4. Kalsium

Produk susu juga sangat dibutuhkan untuk memberikan kalsium yang diperlukan janin Anda dalam perkembangan tulangnya. Untuk memprioritaskan perkembangan serta kesehatan gigi dan tulang bayi, ibu hamil setidaknya memerlukan kalsium sebanyak 1.000 mg per harinya. Selain susu yang kaya kalsium, Anda juga dapat mengonsumsi keju dan yoghurt, selada air, bayam, brokoli, almond, serta kedelai untuk mencukupi kebutuhan kalsium.

 

5. Buah dan Sayuran

Menurut Dr. Joanna, makanlah setidaknya 5 porsi sayuran dan 2 porsi buah setiap harinya. Anda akan mendapatkan berbagai kebutuhan vitamin dan mineral untuk Anda dan calon bayi. Lebih banyak makan sayur dan buah juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cobalah untuk mengonsumsi banyak sayuran berdaun hijau yang kaya nutrisi, termasuk zat besi. Batasi juga asupan buah yang dijus dengan tambahan pemanis, karena jus tersebut mengandung kalori yang cukup tinggi. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   makanan,   nutrisi,   gizi








Cover Januari - Februari 2020