Mother&Baby Indonesia
Tips Menyimpan Pisang

Tips Menyimpan Pisang

Pisang merupakan salah satu buah paling populer di dunia, termasuk juga di Indonesia. Buah ini bisa kita temukan dimana saja dengan mudah. Buah tropis berwarna kuning ini memiliki banyak manfaat dengan rasa lezat yang bisa dinikmati secara langsung maupun diolah menjadi berbagai menu hidangan. Kandungan nutrisi dalam pisang seperti potasium, serat, vitamin A, K, C, dan zat besi menjadikan pisang sebagai buah super sehat.

Meskipun demikian, pisang tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama. Bagi Anda yang menggemari buah ini, umumnya akan menemukan bahwa pisang cepat menghitam dan menjadi lembek setelah disimpan beberapa hari. Biasanya warna hitam pada pisang menandakan bahwa buah ini telah matang dan manis serta siap untuk dikonsumsi. Meskipun begitu, tetap saja pisang yang menghitam itu bisa menurunkan selera kita saat memakannya. Namun hal ini bukan berarti kita tidak bisa menyimpan pisang. Ada beberapa tips yang perlu Moms tahu untuk bisa menyimpan pisang agar tahan lama buat dikonsumsi. Berikut ini beberapa tipsnya:

 



1. Simpan pisang dengan posisi digantung agar buah tidak memar dan cepat berbintik-bintik.



2. Simpan pisang dalam keadaan sejuk, jauhkan dari sumber panas dan jendela yang terpapar langsung dengan sinar matahari.

3. Moms juga bisa menyimpan pisang yang sudah matang di lemari pendingin. Kulit pisang akan berangsur menggelap, tapi kualitasnya tetap terjaga. Namun jangan menyimpan pisang yang belum matang di kulkas, karena akan merusak proses kematangannya. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: pisang,   menyimpan pisang










Cover April 2020